Ini yang Perlu Dipersiapkan Saat Merencanakan Kehamilan Kedua

Ilustrasi. - Freepik
23 September 2021 16:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Meski sudah pernah mengalami hamil, ibu perlu melakukan persiapan saat merencanakan kehamilan kedua. Banyak pasangan yang tidak tahu apa saja hal yang mesti dipersiapkan. Padahal, meski telah mengalami kehamilan sebelumnya, tentu ada perbedaan pada kehamilan kedua.

Lalu apa saja yang sebenarnya mesti dipersiapkan? Dilansir dari Brightside, berikut ini yang mesti diperhatikan saat kehamilan kedua.

1.Kehamilan kedua bisa membuat Anda lebih lelah

Ingat kehamilan pertama Anda dan seberapa energik yang Anda rasakan? Ini adalah waktu yang istimewa dalam hidup Anda dan Anda mendapat banyak kesenangan dari pasangan, teman, dan keluarga Anda. Tetapi pada kehamilan kedua Anda, Anda sudah memiliki tanggung jawab untuk merawat anak pertama Anda, dan ini berarti Anda mungkin tidak mendapatkan banyak waktu untuk diri sendiri seperti yang Anda lakukan sebelumnya.

Baca juga: Ashanty Akui Beri Didikan yang Kejam pada Azriel Hermansyah

Ditambah lagi, tubuh Anda dibanjiri dengan hormon progesteron, yang mempersiapkan tubuh Anda untuk semua perubahan fisik kelahiran dan persalinan. Efek samping dari hormon ini adalah kelelahan, jadi Anda mungkin merasakan gelombang kelelahan lebih banyak untuk kedua kalinya.

2. Proses melahirkan mungkin akan berbeda

Pengalaman melahirkan mungkin juga berbeda dari kehamilan pertama hingga kedua. Faktanya, sebagian besar wanita setuju bahwa persalinan pertama sering kali tidak seperti yang kedua dan semakin mudah dengan setiap kelahiran berikutnya. Pengalaman Anda dengan kelahiran pertama membantu, dan Anda mungkin lebih siap untuk kedua kalinya.

Di sisi lain, jika Anda menjalani operasi caesar untuk pertama kalinya, kemungkinan kelahiran normal setelah operasi Caesar (VBAC) cukup rendah. Namun, hal ini dapat berbeda di masing-masing individu.

3. Anda akan merasakan gerakan bayi Anda lebih cepat

Gerakan pertama bayi disebut quickening dan biasanya, pada kehamilan pertama Anda dapat merasakannya antara minggu ke 16 dan ke 25 untuk pertama kalinya. Pada kehamilan kedua, Anda bisa merasakan gerakan bayi sejak usia kehamilan minggu ke 13, lebih karena Anda sudah tahu seperti apa rasanya.

4. Perut Anda mungkin terlihat dan lebih besar dengan cepat

Bagi banyak wanita hamil untuk pertama kalinya, baby bump sering muncul di trimester kedua, dan biasanya tidak muncul sama sekali selama 3 bulan pertama. Tapi selama kehamilan kedua atau setelah itu, baby bump muncul lebih awal.

Para ahli mengatakan itu karena otot perut sedikit meregang dan mungkin tidak kembali ke ukuran semula. Jadi menyembunyikan kehamilan kedua tidak semudah menyembunyikan kehamilan pertama. Plus, ini juga bisa berarti lebih banyak stretch mark.

5. Bisa saja Anda tidak mengalami morning sickness atau jauh lebih parah

Anda tidak akan pernah tahu dengan morning sickness, dan hal-hal selama kehamilan kedua Anda mungkin tidak sama dengan kehamilan pertama Anda.

Bagi sebagian wanita, mual di pagi hari yang ditakuti tidak pernah datang. Bagi yang lain, ini jauh lebih buruk daripada yang pertama kali.

Sumber : Suara.com