Ini 5 Cara Gampang Hilangkan Stres 

Ilustrasi. - Antara
23 September 2021 20:17 WIB Dinda Aulia Ramadhanty Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Aktivitas yang padat bisa menimbulkan stres. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres di tengah aktivitas yang padat.

Sebagaimana dikutip dari Pinkvilla, Kamis (23/9/2021), psikoterapis, Chandni Tugnait menyusun cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres.

  1. Meditasi

Mengikuti latihan meditasi dan latihan mindfulness selama 5-10 menit dalam keheningan bisa menjaga fokus dan menghilangkan kecemasan.

Bermeditasi bisa membantu diri untuk menjaga fokus kepada waktu 'saat ini' dan juga efektif mengurangi stres.

  1. Menggunakan diffuser aromatik

Mencium wewangian akan meningkatkan mood dan mampu menghilangkan stres.  Aromaterapi bisa merangsang sistem limbik otak yang mengontrol emosi dan memori.

  1. Menulis jurnal

Menulis jurnal bisa memproses seluruh pikiran, perasaan, ketakutan, pengalaman, dan ide yang dirasakan atau dimiliki dengan cara yang lebih baik. Menulis menjadi alat terapi unggulan yang dapat meningkatkan kesehatan mental karena tidak membiarkan hal-hal menumpuk di pikiran, memberi ruang, jarak, dan bentuk pada sesuatu sambil merenungkannya.  

Kemudian, dengan menyusun jurnal juga membantu dalam melampiaskan, menerima, dan akhirnya menyembuhkan.

  1. Berlatih pernapasan lubang hidung kiri

Lakukan cara ini selama beberapa menit setiap harinya untuk menjauhkan stres dan rasa kecemasan. Lakukan langkah ini dengan cara mengambil tangan kanan dan, dengan jari-jari terentang, tutup lubang hidung kanan kemudian menekannya dengan lembut menggunakan ibu jari kanan.

Pastikan untuk menjaga sisa jari untuk tetap lurus dan mengarah ke langit, maksudnya adalah jari-jari disini bertindak seakan-akan seperti antena untuk energi "kosmik" yang mengelilingi kita semua.

Dengan napas panjang, lambat, dalam, tarik napas dengan lembut melalui lubang hidung kiri. Kemudian, sama lembutnya, hembuskan napas panjang, perlahan dan penuh, lagi melalui lubang hidung kiri.

Sambil melakukan cara tersebut, merilekskan tubuh saat  merasakan napas yang menenangkan dan menyejukkan, yang terasa seperti membawa kehidupan baru ke dalam tubuh. Bersantai lebih dalam dengan setiap napas saat diri menghembuskan semua ketegangan, semua stres, dan semua penyakit.

  1. Jaga 'kebersihan' tidur

Lakukan ini dengan tetap berpegang teguh pada waktu yang sama untuk tidur dan bangun setiap harinya. Evaluasi hal-hal yang ternyata mengganggu tidur dan segeralah untuk dihindari. Blokir cahaya biru 3-4 jam pada gadget sebelum tidur, tidak ada TV, tidak ada ponsel ataupun iPad.

Sumber : JIBI/Bisnis.com