Mengenal Rosacea, Penyakit Kulit yang Diderita Maia Estianty

Rosacea
24 September 2021 05:17 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Melalui kanal YouTube MAIA ALELDUL TV, Maia Estianty mengaku memiliki penyakit rosacea. Inilah alasan yang membuatnya rutin melakukan perawatan kulit.
 
“Aku itu punya penyakit rosacea. Rosacea itu penyakit kulit yang  selalu merah dan susah disembuhkan. Makanya alasan aku punya klinik dan punya dokter adalah untuk merawat supaya tetap kelihatan fresh dan muda,” kata Maia, seperti dikutip JIBI pada Kamis (23/9/2021).
 
Rosacea merupakan gangguan kulit wajah yang ditandai dengan kulit merona atau kemerahan dan pembuluh darah terlihat di wajah Anda. Ini juga dapat menghasilkan benjolan kecil berisi nanah yang menyerupai jerawat.
 
Penyakit kulit ini dapat menyerang siapa saja dan tidak diketahui penyebabnya. Namun wanita lebih berisiko untuk mengalami rosacea. Selain itu, mereka yang berusia 30 tahun, memiliki kulit yang mudah terbakar di bawah sinar matahari, kebiasaan merokok dan memiliki riwayat keluarga rosacea juga lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit ini.
 
Rosacea tidak dapat disembuhkan, tetapi pengobatan dapat mengurangi dan mengontrol tanda dan gejala. Melansir Rosacea.org, Kamis (23/9/2021), tanda dan gejala rosacea meliputi:
 
1. Kemerahan persisten

Wajah merona dan memerah yang terus-menerus adalah tanda yang paling umum dari rosacea, dan mungkin menyerupai perona pipi atau kulit terbakar yang tidak hilang. Tanda ini mungkin sulit dilihat pada kulit hitam dan cokelat.
 
2. Penebalan kulit

Kulit dapat menebal dan membesar dari jaringan berlebih, paling sering di hidung (dikenal sebagai rhinophyma. Kondisi ini kurang umum, tetapi dapat menyebabkan kerusakan wajah dan aliran udara hidung yang tidak memadai jika kondisi parah.
 
3. Sensasi terbakar

Selain mengalami kemerahan pada kulit, kulit yang mengalami rosacea dapat disertai dengan rasa panas, atau rasa terbakar yang datang dan pergi, dan seringkali merupakan ciri awal dari kelainan tersebut.
 
4. Benjolan menyerupai jerawat

Benjolan padat merah kecil atau jerawat berisi nanah sering berkembang. Meskipun ini mungkin menyerupai jerawat, rasa terbakar dan menyengat dapat terjadi.
 
5. Pembuluh darah terlihat

Pada banyak orang dengan rosacea, pembuluh darah kecil menonjol dan terlihat yang disebut telangiectasia. Ini biasanya muncul pada area tengah wajah seperti pipi dan hidung.
 
6. Iritasi mata

Pada banyak pasien rosacea, mata mungkin teriritasi dan tampak berair atau merah, suatu kondisi yang umumnya dikenal sebagai rosacea okular. Kelopak mata juga bisa menjadi merah dan bengkak, dan bintitan sering terjadi. Kerak dan sisik dapat menumpuk di sekitar kelopak mata atau bulu mata, dan pasien mungkin melihat pembuluh darah yang terlihat di sekitar tepi kelopak mata. Kasus yang parah dapat mengakibatkan kerusakan kornea dan kehilangan ketajaman visual tanpa bantuan medis.
 
Jika Anda mengalami gejala wajah atau mata yang terus-menerus, segera temui dokter atau spesialis kulit untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Sumber : JIBI/Bisnis.com