Advertisement

Kebiasaan Ini Bikin Kamu Terlihat Lebih Tua

Ithamar Yaomi DC
Jum'at, 24 September 2021 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
Kebiasaan Ini Bikin Kamu Terlihat Lebih Tua Kulit awet muda

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Tidak ada yang bisa menghentikan waktu yang terus bergerak maju. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penuaan dini. 

Untungnya, banyak kebiasaan buruk ini dapat diperbaiki untuk mencegah penuaan dini dan membuat awet muda. Mengutip dari Eat This, Jumat (24/9/2021), ada 6 kebiasaan yang bisa membuat tampak lebih tua:

Advertisement

  1. Gagal Merawat Kulit

Gagal merawat kulit mampu membuat Anda terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya.

Nazanin Saedi, MD, FAAD, seorang dokter kulit daerah Philadelphia, menyarankan untuk menggunakan retinoid setiap malam.

"Retinoid sangat bagus untuk berbagai kondisi. Mereka membantu mengatasi jerawat, perubahan warna, kerutan, dan kerusakan akibat sinar matahari," ujarnya.

  1. Kurang Tidur

Seiring bertambahnya usia, pola tidur berubah dan mendapatkan tidur malam yang nyenyak menjadi semakin sulit.

Menurut National Institutes of Health (NIH), kurang tidur tidak hanya dapat meningkatkan peluang Anda mengalami kecelakaan mobil, jatuh, menyebabkan kebingungan atau perubahan mental lainnya, tetapi juga dapat membuat Anda terlihat bertambah umur satu dekade.

  1. Menghindari Olahraga

Ada begitu banyak manfaat dari olahraga teratur, mulai dari kesehatan fisik hingga mental. Menurut NIH, seringkali, ketidakaktifan lebih disalahkan daripada usia ketika orang tua kehilangan kemampuan untuk melakukan sesuatu sendiri.

Kurangnya aktivitas fisik juga dapat menyebabkan lebih banyak kunjungan ke dokter, lebih banyak rawat inap, dan lebih banyak menggunakan obat-obatan untuk berbagai penyakit. Tidak aktif melakukan aktivitas fisik juga akan membuat tubuh Anda menua lebih cepat.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Salah

Diet yang tepat adalah komponen kunci dari proses penuaan yang sehat.

Menurut NIH, makan makanan yang memberi Anda banyak nutrisi tanpa banyak kalori ekstra, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, makanan laut, daging tanpa lemak, unggas, telur, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu rendah lemak dan keju.

  1. Tidak Menggunakan Sunscreen

Cara cepat penuaan kulit lainnya adalah dengan mengabaikan penggunaan tabir surya (sunscreen).

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menemukan bahwa mengoleskan SPF secara teratur pada kulit mampu melindungi dari penuaan dini, termasuk kerutan, bercak, dan hilangnya elastisitas yang disebabkan oleh paparan radiasi ultraviolet matahari.

  1. Mengisolasi Diri

Kesepian dapat membuat Anda terlihat dan merasa lebih tua. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam The Journals of Gerontology, Seri B: Ilmu Psikologi dan Ilmu Sosial, menemukan bahwa orang dewasa yang berinteraksi dengan orang-orang di luar teman dekat dan lingkaran keluarga mereka lebih aktif secara fisik, menunjukkan kepositifan yang lebih besar dan lebih sedikit perasaan negatif daripada mereka yang lebih terisolasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Baliho Menjamur di Jalanan Sleman, Lurah Banyurejo Siap Maju di Pilkada 2024

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement