5 Tes Kesehatan Wajib untuk Wanita di Atas 30 Tahun

Ilustrasi prosesur papsmear - Istimewa
24 September 2021 23:27 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Seiring bertambahnya usia, metabolisme dan proses lain dalam tubuh menjadi lebih lambat sehingga kondisi kesehatan lebih mudah terganggu. 

Hal ini menjadikan pemeriksaan kesehatan sebagai hal yang penting untuk tetap menjaga tubuh Anda lebih sehat.
 
Usia tiga puluhan adalah waktu yang penting bagi wanita yang mencoba mencapai keseimbangan kehidupan kerja. Namun, tekanan pekerjaan dan tanggung jawab lain yang tak terhitung jumlahnya dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Menurut Geeta Aurangabadkar, Direktur Klinis Proactive For Her, cara terbaik untuk mencegah penyakit akibat gaya hidup dan menghentikannya sejak awal adalah dengan melakukan pemeriksaan tahunan.
 
Lantas, tes apa saja yang harus dilakukan setiap wanita saat mereka berusia 30 tahun atau lebih? Berikut lima tes penting yang harus dilakukan, melansir Indian Express, Jumat (24/9/2021).

1. Complete Blood Count (CBC)

Lima puluh dua persen wanita usia subur yang tidak hamil diperkirakan mengalami anemia. Di ambang usia 30-an, CBC biasanya digunakan sebagai tes skrining untuk mendeteksi anemia.
 
“Ini dapat mengarah pada petunjuk lebih lanjut tentang defisiensi nutrisi umum yang dapat menyebabkan anemia, seperti zat besi atau B12. CBC juga dilakukan untuk memantau kesehatan dan perawatan Anda secara keseluruhan (jika Anda menjalaninya),” jelas Greeta.
 
2. Profil lipid

Tes ini membantu untuk memeriksa risiko penyakit jantung dan kesehatan pembuluh darah.  Pengetahuan tentang ini dapat membantu seseorang mengubah kebiasaan makan, diet, stres, olahraga,  dan gaya hidup ke arah yang positif.
 
3. Tes fungsi tiroid

Terkadang, orang tidak menyadari bahwa tiroid mereka bermasalah. Ini karena gejalanya biasanya lambat pada awalnya dan sering tidak diketahui untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, penting memeriksakan  diri sendiri untuk masalah tiroid.
 
Gejala yang paling sering dilaporkan adalah menstruasi yang tidak teratur, kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, rambut rontok atau infertilitas.
 
4.  Gula darah

Menurut Greeta, diabetes terlihat pada lebih dari satu dari 10 wanita berusia 35 hingga 49 tahun. Diabetes dapat menyebabkan gula darah (glukosa darah) Anda naik ke tingkat tinggi yang tidak normal karena ketidakmampuan  tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin dengan benar.
 
“Insulin sangat penting bagi tubuh untuk memanfaatkan gula darah untuk energi,” katanya.
 
5. Pap smear

Pap smear adalah prosedur skrining sederhana untuk kanker serviks dan mendeteksi masalah pada tahap awal. Ini juga digunakan untuk mendeteksi perubahan sel serviks yang dapat berubah menjadi kanker di kemudian hari dan perlu dipantau lebih lanjut.
 
Prosedur ini melibatkan pemeriksaan oleh ginekolog Anda atau perawat terlatih yang mengambil sampel dengan mengikis sel-sel dari leher rahim Anda yang kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk sel-sel abnormal atau infeksi apa pun. Wanita berusia 30 dan lebih tua dapat mempertimbangkan pengujian setiap 5 tahun yang akan menggabungkan Pap smear dengan tes HPV (Human papillomavirus).

Agar tetap sehat, diperlukan usaha, komitmen dan kewaspadaan. Diet sehat dan olahraga hanya setengah dari pekerjaan. Karena itu, Greeta menegaskan perlunya melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan untuk menyingkirkan masalah sebelum menimbulkan petaka.

Sumber : JIBI/Bisnis.com