Tips Finansial yang Harus Anda Ikuti Sebelum Berusia 40 Tahun

Ilustrasi - Freepik
25 September 2021 18:47 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Jika Anda berumur sekitar 20 hingga 30 tahun, mengubah rutinitas keuangan dapat menjadi kunci untuk mencapai posisi yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda dapat mengikuti beberapa kebiasaan ini sebelum berusia 40 tahun sehingga dapat membantu memaksimalkan hasil dari pendapatan Anda.

Dengan mengikuti 7 kebiasaan ini lebih awal, maka Anda akan memeroleh hasil yang lebih maksimal juga lebih cepat.

Dilansir dari CNBC pada hari Rabu (22/09/21), berikut 7 kebiasaan yang perlu Anda perhatikan.

1. Simpan dan investasikan secara bersamaan

Mungkin dengan menyimpan uang di rekening tabungan terasa lebih aman, namun hal ini dapat menghambat peluang Anda untuk mengembangkan kekayaan lebih cepat. Oleh karena itu, Anda dapat membuat rencana untuk menabung dan berinvestasi.

2. Jangan takut untuk berhenti bekerja, untuk pekerjaan yang lebih tinggi

Anda dapat meninggalkan pekerjaan Anda untuk pekerjaan baru yang membuat Anda memperoleh gaji yang lebih tinggi, atau menawarkan lebih banyak peluang untuk kemajuan karir. Dengan ini, maka Anda juga bisa berinvestasi lebih banyak lagi.

3. Hindari inflasi gaya hidup

Ketika Anda mendapatkan gaji yang lebih tinggi, pastikan Anda juga tidak mengalami kenaikan biaya untuk gaya hidup. Anda dapat menerapkan untuk tidak menghabiskan lebih dari 30 persen dari gaji bulanan Anda.

4. Jangan membuat anggaran yang kaku dan tidak dapat Anda penuhi

Dengan membuat rencana anggaran yang kaku terutama untuk mengehemat seekstrim mungkin, hal ini menjadi tidak berguna bagi Anda. Dengan rencana anggaran yang kaku, maka Anda dapat mengecewakan diri Anda sendiri dan akan membelanjakan hal-hal lain seperti makan ataupun hadiah liburan.

5. Bangunlah hubungan profesional di awal karier Anda

Jika Anda seorang introvert, maka Anda dapat memelihara hubungan satu lawan satu yang bisa sama efektifnya dengan mencoba bersosialisasi dengan banyak orang asing sekaligus.

Anda dapat tetap berhubungan dengan teman-teman Anda, kolega, dan kadang-kadang mengirimkan teks dan mem-posting pekerjaan yang mungkin disukai oleh seseorang.

6. Awasi laporan kredit Anda setiap bulan

Anda dapat mengatasi dari penipuan kredit seperti mencari aktivitas mencurigakan seperti akun yang saya tidak ingat pembukaannya, kesalahan ejaan nama saya, dan transaksi yang ditolak berulang kali. Anda dapat melaporkannya dan hal ini merupakan hal yang penting.

7. Pekerjakan penasihat keuangan jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengatasi tantangan besar

Tidak semua orang membutuhkan penasihat keuangan untuk membangun kekayaan seperti berinvestasi ataupun menabung dan mengelola pengeluaran Anda. Namun, mungkin terdapat beberapa kebutuhan ataupun hal yang harus Anda penuhi di waktu-waktu tertentu. Oleh karena itu, Anda dapat memperkerjakan penasihat keuangan untuk membantu penyelesaian masalah sambill tetap berada pada tujuan keuangan Anda.

Sumber : JIBI/Bisnis.com