Begini Cara Mencegah Kantuk Tanpa Minum Kopi

Ilustrasi - JIBI/Bisnis.com
25 September 2021 18:17 WIB Ayyubi Kholid Saifullah Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak orang mencegah kantuk dengan minum kopi.

Tapi, kebanyakan minum kopi bisa berdampak buruk juga, terutama bagi mereka yang mengalami masalah asam lambung.

Beberapa orang juga mungkin sedang ingin mengurangi kafein karena dapat memengaruhi sistem saraf, detak jantung, dan tekanan darah.

Terlalu banyak kafein bisa membuat Anda Insomnia yang akan menyebabkan kegelisahan, kecemasan, sakit kepala dan efek lainnya. kafein juga dapat dikaitkan dengan risiko dimensia dan penyusutan otak yang lebih tinggi

Lalu, bagaimana agar kita tetap terjaga tanpa harus mengonsumsi kafein? Dilansir dari today.com Jum'at (24/09/2021) berikut pengganti kafein yang membuat Anda bisa tetap bangun.

1. Minum segelas air dingin

Minum air dingin sangat membantu untuk dilakukan segera setelah Anda bangun dari tempat tidur karena dehidrasi sering terjadi saat bangun tidur. Dinginnya air membantu untuk mendorongan menyegarkan dan memberikan energi

2. Gunakan diffuser aromaterapi dipagi hari

Kristin Kirkpatrick, ahli diet utama di Cleveland Clinic Wellness & Preventive Medicine di Cleveland, Ohio menunjuk sebuah studi 2018 yang menemukan aromaterapi dapat mengurangi kelelahan.

Dia merekomendasikan menggunakan minyak beraroma lavender di pagi hari sebelum bekerja, ketika Anda bersiap-siap atau makan sarapan

Aroma lain seperti Aroma rosemary juga dapat membuat orang lebih waspada, Dr. Uma Naidoo, direktur psikiatri nutrisi dan gaya hidup di Rumah Sakit Umum Massachusetts, mencatat dalam bukunya “This Is Your Brain on Food.”

"Saya merasa lebih tajam dan lebih tenang sekaligus," tulis Naidoo, menggambarkan bagaimana perasaannya setelah mengusap setangkai rosemary segar untuk melepaskan aromanya.

3. Jalan cepat

Kelelahan mental sering dikacaukan dengan kelelahan fisik, jadi jika Anda merasa lelah, bangun dan bergerak.

Bahkan beberapa menit jalan cepat atau menaiki tangga adalah dorongan energi yang besar setelah duduk di depan layar selama berjam-jam.

4. Pilih makanan rendah glikemik

pilihlah makanan rendah glisemik, seperti lemak sehat, sumber protein tanpa lemak, dan pilihan karbohidrat rendah seperti sarapan puding chia, wafel rendah karbohidrat dengan selai kacang, atau semangkuk kecil beri campuran dengan yogurt tawar.

5. Makan cemilan manis protein/karbohidrat

Hindari menggabungkan karbohidrat, yang akan memberikan energi langsung, dengan protein, yang ideal untuk bahan bakar yang tahan lama.

Madelyn Fernstrom Editor Kesehatan dan Nutrisi NBC News menyarankan selai kacang pada biskuit, hummus dan roti pita, atau yogurt Yunani.

6. Ganti Kopi dengan Teh

Campuran teh herbal tidak memiliki kafein, sedangkan teh tradisional memiliki kurang dari setengah dari apa yang biasanya ditemukan dalam kopi.

Teh hijau dan teh matcha memiliki kafein dan manfaat kesehatan yang luar biasa

Teh hitam bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda menginginkan sedikit kafein dengan rasa yang lebih kuat, kata Fernstrom. Bergantung pada seberapa kuat Anda menyeduhnya, Anda akan mengurangi kafein Anda hingga 50-65% dibandingkan dengan secangkir kopi.

Lalu, teh mint bebas akan kafein, dan beberapa orang akan senang dengan rasa mint nya.

7. Kurangi kopi

Semakin sedikit kopi yang Anda minum, semakin efektif dalam meningkatkan kewaspadaan, kata Fernstrom.

"Otak merespon dengan sangat baik terhadap sejumlah kecil kafein, dan menjadi 'kebal' terhadap banyak kafein," katanya.

8. Lakukan peregangan atau menghubungi teman

cobalah mengangkat tangan Anda ke langit-langit, mengangkat bahu Anda setinggi mungkin, dan duduk naik turun di kursi Anda hanya dengan menggunakan kaki Anda. Atau, hubungi seorang teman. Karena obrolan tengah hari dengan teman baik akan membantu Anda untuk mendapatkan dorongan energi

Sumber : JIBI/Bisnis.com