Bisa Turunkan Gula Darah, Ini Manfaat Minum Anggur Merah untuk Kesehatan

Anggur merah - Istimewa
26 September 2021 09:17 WIB Indra Gunawan Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Selama bertahun-tahun, anggur telah menjalani penelitian intensif dan telah terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan.

Beberapa manfaat anggur merah antara lainmenghentikan jerawat, diabetes, meningkatkan daya ingat, serta mengatasi depresi.

Berikut manfaat anggur merah dikutip dari medicaldaily.com, Sabtu (25/9/2021).

1. Menjaga pikiran tetap tajam

Berkat resveratrol antioksidan, percaya atau tidak anggur merah terbukti membantu memperlambat kerusakan saraf yang terkait dengan perkembangan penyakit Alzheimer.

Ini berarti anggur dapat membantu Anda tetap tajambepikir  bahkan di usia tua.

2. Kulit yang lebih baik

Anggur merah kaya akan antioksidan yang disebut polifenol, yang merupakan senyawa nabati yang telah terbukti membantu memulihkan kolagen dan serat elastis, menghasilkan kulit yang lebih muda, lebih segar dan lebih kenyal.

3. Mengatur gula darah

Manfaat lain dari resveratrol yabg terdapat pada anggur merah adalah dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Sebuah penelitian sebelumnya menyatakan bahwa minum segelas sehari "cukup mengurangi risiko kardiometabolik" orang yang menderita diabetes tipe 2.

4. Membantu Anda tetap langsing

Anda akan senang mengetahui bahwa senyawa kimia yang disebut piceatannol yang ditemukan dalam anggur merah dapat membantu mengurangi sel-sel lemak, sehingga Anda dapat mengatur berat badan dengan lebih baik.

Senyawa ini mampu mencapai ini dengan menghalangi proses seluler yang memungkinkan sel-sel lemak berkembang.

5. Menghentikan jerawat

Resveratrol dalam anggur juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan membantu menjaga kulit Anda tampak lebih muda.

Ini bekerja lebih baik bila digunakan bersama benzoil peroksida untuk menghilangkan jerawat.

6. Membantu mengatasi depresi – Selain membantu Anda rileks, minum anggur merah juga dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Tentu saja, ini hanya efektif selama Anda minum anggur secukupnya, karena itu masih minuman beralkohol.

7. Penglihatan yang jelas – Resveratrol yang ditemukan dalam anggur merah juga membantu dalam menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang tidak terkendali di mata. Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa antioksidan ini dapat membantu pengobatan retinopati diabetik dan degenerasi makula terkait usia.

8. Melindungi kesehatan gigi Anda – Yang menakjubkan, efek antimikroba anggur juga efektif dalam mengurangi bakteri pada gigi kita.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia