5 Hal Ini Memengaruhi Kesuburan Pria

Ilustrasi kesuburan
26 September 2021 20:57 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), diperkirakan 18 persen pria mencari bantuan karena masalah kesuburan karena didiagnosis infertilitas terkait.

Infertilitas tentu saja bisa membuat orang menjadi tertekan dan merasa tidak percaya diri. Alasan ini juga membuat pria khawatir berumah tangga atau tidak memiliki keturunan.

Tahukah Anda ada beberapa hal yang bisa memengaruhi kesuburan Anda? Berikut daftarnya seperti dilansir dari tamhsc.edu :

1. Pakaian dalam

Suhu yang tinggi dapat mengganggu produksi dan fungsi sperma. Meskipun studi terbatas dan tidak meyakinkan, jika Anda mencoba memulai sebuah keluarga, beralihlah dari pakaian dalam ketat ke model boxer.  Perubahan tidak akan langsung terjadi, tapi itu akan membawa tubuh Anda sekitar enam sampai delapan minggu dalam menyesuaikan diri.

2. Alkohol

Minum alkohol dapat menurunkan kadar testosteron, menyebabkan disfungsi ereksi dan menurunkan produksi sperma. Minum alkohol dalam waktu lama juga dapat menyebabkan penyakit hati, yang dapat memengaruhi kesuburan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa minum hanya lima unit alkohol setiap minggu dapat mengurangi kualitas sperma pria, dan lebih banyak alkohol berkorelasi dengan kualitas sperma yang lebih lemah. Ini juga merupakan praktik yang baik untuk kehamilan pasangan Anda, karena konsumsi alkohol pria dapat membuat wanita lebih sulit untuk berhenti minum, yang sangat penting untuk kesehatan bayi.

3. Merokok

Pria yang merokok mungkin memiliki jumlah sperma yang lebih rendah daripada mereka yang tidak. Bahkan perokok pasif telah terbukti mengurangi kesuburan pada kehamilan yang dibantu dan tidak. Pada tahun 2016, sebuah penelitian menunjukkan bahwa merokok dikaitkan dengan penurunan jumlah sperma, penurunan motilitas sperma, dan morfologi sperma yang buruk.

4. Obesitas

Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan dapat berdampak negatif pada jumlah sperma pria dan dapat menurunkan libidonya. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), diperkirakan 70 persen orang dewasa kelebihan berat badan atau obesitas pada tahun 2014, dan diperkirakan 1,7 persen orang dewasa kekurangan berat badan pada 2010.

Langkah pertama untuk meningkatkan berat badan Anda adalah mengatur pola makan Anda, jadi pastikan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang cara-cara untuk meningkatkan asupan nutrisi Anda.

5. Kondisi medis

Ada banyak kondisi mendasar yang berbeda yang dapat memengaruhi kesuburan pria, seperti tumor, penyakit celiac, dan varikokel—suatu kondisi di mana pembuluh darah besar dan menyebabkan testis menjadi terlalu panas. Jika Anda telah didiagnosis dengan salah satu dari kondisi ini, atau khawatir tentang kondisi apa pun yang mungkin Anda miliki, bicarakan dengan dokter ahli.

Sumber : Bisnis.com