Lakukan Ini Agar Cepat Pulih setelah Operasi Caesar

Perempuan sedang hamil
27 September 2021 22:27 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Sebagian ibu hamil dapat memilih untuk menjalani operasi caesar  meskipun dia dapat melahirkan secara normal. Namun, banyak ibu yang harus menjalani operasi caesar karena beberapa kondisi atau penyakit seperti, kelainan pada janin, ukuran bayi terlalu besar sedangkan ukuran pinggul ibu kecil, gangguan plasenta, hingga bayi kembar atau kembar siam.
 
Kendati operasi caesar adalah prosedur yang cukup umum dilakukan dan dinilai aman, mengutip Alodokter, Senin (27/9/2021), operasi ini termasuk jenis operasi besar yang tetap memiliki risiko. Salah satu risiko yang dialami adalah nyeri pasca operasi, terutama pada luka sayatan.
 
Sebuah studi mengatakan, rata-rata pemulihan pasca operasi caesar membutuhkan waktu 4 hingga 6 minggu. Untuk mempercepat proses pemulihan, dr Muhammad Ilham Aldika Akbar, dokter Obgyn yang juga seorang konsultan fetomaternal membagikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu proses pemulihan pasca operasi.

1. Aktivitas pasca operasi

Dr Ilham menyarankan, aktivitas yang dapat Anda lakukan setelah operasi adalah beristirahat, tidak melakukan aktivitas berat, serta tidak mengangkat benda berat dalam beberapa minggu pertama pasca operasi.

2. Olahraga pasca operasi

“Sebaiknya, olahraga aerobik atau angkat beban ditunda sampai 6 hingga 8 minggu pasca operasi caesar,” tulis dr Aldi pada akun Instagramnya, Senin (27/9/2021).
 
Apabila Anda ingin berolahraga, Anda boleh melakukan jalan kaki ringan untuk tetap menjaga kesehatan dan mengurangi risiko pembekuan darah.

3. Tidur cukup

Menyusui bayi baru lahir dapat mengganggu waktu tidur ibu di malam hari. Karena itu, kapanpun Anda memiliki waktu, dr Aldi menyarankan untuk tidur yang cukup.

4. Minta bantuan keluarga

Apabila Anda merasa lelah, tidak ada salahnya meminta bantuan keluarga untuk mengasuh bayi Anda. Ini dapat membantu Anda memiliki waktu istirahat yang cukup.

5. Atasi nyeri pasca operasi

Nyeri pasca operasi adalah salah satu risiko yang dialami para ibu yang melahirkan dengan operasi caesar. Untuk mengatasi rasa nyeri, Anda dapat menggunakan obat-obatan yang sesuai dengan anjuran dokter, atau menggunakan kompres hangat.

6. Minum air yang cukup

Minum air yang cukup sangat penting bagi ibu pasca melahirkan. Ini karena ibu perlu mengganti cairan yang hilang pada saat bersalin dan saat menyusui.

7. Cegah konstipasi

Susah buang air besar atau konstipasi merupakan hal yang kerap kali dialami oleh ibu yang baru saja menjalani persalinan. Namun, dr Aldi menyarankan untuk mencegah konstipasi pasca operasi caesar dengan makan makanan tinggi serat, dalam potongan kecil dan lebih sering.
 
“ Anda juga dapat minum suplemen tinggi serat,” kata dr Aldi.

8. Minta bantuan profesional

“Apabila ada masalah kesehatan pada masa nifas, segera minta bantuan profesional, seperti dokter, bidan, atau tenaga kesehatan,” katanya. 

Sumber : Bisnis.com