5 Keterampilan Penting untuk Masa Depan Anak

Ilustrasi - Istimewa
28 September 2021 05:57 WIB Media Digital Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dunia berubah begitu cepat sehingga sulit membayangkan seperti apa masa depan anak-anak kita nantinya. Para orang tua harus siap dengan realita ini. Alih-alih ketakutan, ayah dan ibu bisa memulai untuk mengajarkan beberapa keterampilan yang penting untuk masa depan anak.

Dalam dunia yang berubah dan terus berkembang, anak-anak harus mengembangkan serangkaian keterampilan personal yang memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan perubahan, belajar dengan cepat, bekerja di lingkungan yang berbeda, menempatkan kelebihan mereka dalam tindakan, dan beberapa kemampuan interpersonal lainnya.

Berikut adalah beberapa keterampilan penting yang perlu ditanamkan para orang tua untuk masa depan anaknya.

Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional mempengaruhi perilaku, motivasi, dan hubungan sosial. Singkatnya, kontrol emosi akan mempengaruhi kehidupan siapapun. Emosi dapat membawa kita menuju kesuksesan atau kegagalan tergantung cara menanganinya.

Kabar baiknya adalah bahwa otak manusia telah cukup berkembang untuk dapat mengatur dan mengelola emosi secara konstruktif. Tetapi, untuk mencapai level ini, diperlukan teknik dan latihan. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengajarkan anak-anak kita untuk mengembangkan kecerdasan emosional mereka sebagai bagian dari proses pendidikan.

Kemampuan Berpikir Kritis

Hidup dalam masyarakat yang majemuk di mana kita terpapar informasi setiap harinya mengharuskan kita untuk belajar mengevaluasi, menganalisis, dan mempertanyakan semua informasi tersebut.

Dengan cara ini, kita akan mendidik anak-anak yang akan mampu menjadi lebih menguasai masa depan mereka dan yang akan berkontribusi pada evolusi masyarakat. Ingat! Setiap kemajuan umat manusia pada era sebelumnya datang melalui pertanyaan tentang apa yang tampak seperti kebenaran mutlak.

Kreativitas

Kemampuan yang satu ini mengukur kapasitas manusia untuk berinovasi dan menemukan solusi baru dan jawaban atas tantangan hidup. Kreativitas adalah keterampilan yang dapat dikembangkan anak-anak dari rumah dan di sekolah karena kemampuan ini bukan sifat genetik, tetapi dibentuk oleh rasa ingin tahu, pengambilan risiko, rasa kesulitan, imajinasi, kemandirian dari penilaian eksternal, fleksibilitas, toleransi terhadap frustasi dan ambiguitas, antusiasme, intuisi, inisiatif, kepekaan dan keterbukaan terhadap hal-hal baru.

Keterampilan Sosial

Kerja sama tim, serta koeksistensi dalam lingkungan apa pun, membutuhkan kemampuan untuk berempati dengan orang lain, mengetahui cara mengelola emosi diri sendiri dan emosi orang lain, serta memelihara komunikasi efektif berdasarkan rasa hormat dan kolaborasi.

Dengan semakin derasnya globalisasi, semakin sering kita melihat seseorang memilih untuk pindah kota atau negara dan karena itu, memiliki keterampilan sosial yang baik adalah sekutu yang paling ideal untuk kemampuan beradaptasi.

Kemampuan Linguistik

Meski pengembangan teknologi mungkin akan mengikis limitasi perbedaan bahasa, namun untuk dapat mencapai level human interaction masih dibutuhkan banyak pengembangan. Ini artinya, kemampuan menguasai bahasa asing - atau bahasa baru - akan terus jadi tolak ukur pengembangan diri.

Walhasil, belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin menjadi sangat penting untuk menyiapkan masa depan anak. Jika pada umumnya skema pembelajaran bahasa Inggris telah cukup terstruktur di pendidikan formal, bahasa Mandarin masih jauh luput dari perhatian.

Namun tenang, LingoAce bisa menjadi solusi untuk hal tersebut. Platform e-Learning ini memiliki kurikulum khusus yang telah disiapkan untuk memastikan proses belajar bahasa Mandarin berlangsung efektif dan efisien.

Khusus untuk pengguna di Tanah Air, LingoAce menyiapkan dua jenis kurikulum yang berbeda. Program Internasional disiapkan untuk peserta didik yang masih awam bahasa Mandarin. Sementara itu, Kurikulum Singapura disiapkan untuk menyasar anak-anak yang sudah memiliki dasar bahasa Mandarin.

Platform ini juga sudah menyiapkan kelas free trial gratis bagi para orang tua yang tertarik lho! (ADV)