Jangan Diam, Ini Cara Mengatasi Stres Saat Bekerja

Ilustrasi - Thefiscaltime
28 September 2021 18:07 WIB Novita Sari Simamora Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -  Pekerjaan yang terlalu banyak bisa mengakibatkan stres dan berdampak pada gangguan kesehatan mental hingga fisik.

Dikutip dari Pink Villa, Selasa (28/9/2021), orang-orang yang lebih memilih diam saat stres harus membayar mahal untuk kesehatannya di masa depan. Namun stres akibat tekanan bisa diatasi dengan berbagai cara.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres dan tekanan masalah karena bekerja:

1. Identifikasi masalahnya

Ada apa dengan pekerjaan yang merugikan Anda - lingkungan, kompleksitas kerja, target, jam kerja, kepuasan kerja, uang, dll.? 

Mulailah dengan mengidentifikasi masalah. Coba identifikasi, apakah lingkungan pekerjaan yang toxic, target yang tidak masuk akal,  jam kerja yang panjang tanpa uang lembur dan gaji yang  kurang. Kenali dan identifikasi masalahnya untuk menemukan solusi.

2. Keseimbangan kehidupan kerja

Prioritaskan hal-hal sesuai dengan tujuan saat ini dan jangka panjang. Jika Anda mendapatkan gaji yang besar tetapi tidak menyukai pekerjaan, maka bisa jadi Anda tidak menikmati hari-hari Anda saat bekerja.

Coba temukan pekerjaan yang Anda senangi agar bisa bekerja dengan lebih gembira atau cobalah untuk menyukai pekerjaan saat ini.

3. Manajemen waktu

Sangat penting untuk menemukan cara mengatur waktu guna membangun keseimbangan kehidupan kerja untuk mengelola stres. Jika tidak, pekerjaan yang baik pun dapat mulai menyakitkan bagi kesehatan mental. Buat batasan, luangkan waktu dan jangan berkompromi dengan olahraga dan istirahat.

4. Komunikasi

Semua jenis pekerjaan membutuhkan interaksi dengan manusia lain, maka keterampilan komunikasi sangat penting. Keterampilan ini mungkin perlu dilatih dari waktu ke waktu. 

Oleh karena itu, cobalah untuk mencari tahu apa masalah Anda, seperti memahami rekan kerja Anda atau mungkin membangun hubungan dengan orang-orang di lingkungan.

5. Fokus pada aspek kehidupan pribadi dan sosial

Profesi hanyalah bagian dari kehidupan, bukan keseluruhan dari kehidupan. Jadi, penting untuk fokus pada aspek kehidupan pribadi dan sosial juga.

6. Luangkan waktu untuk mengisi ulang

Untuk menghindari efek negatif dari stres kronis dan kelelahan, Anda perlu waktu untuk mengisi kembali waktumu dengan hal-hal yang disukai.

Jangan biarkan hari-hari liburan Anda sia-sia. Jika memungkinkan, luangkan waktu untuk beristirahat dan bersantai, sehingga saat Anda kembali bekerja maka ada perasaan segar dan siap untuk melakukan yang terbaik.

7. Bicaralah dengan atasan Anda

Kesehatan karyawan sangat berkaitan erat dengan produktivitas di tempat kerja, sehingga atasan Anda memiliki insentif untuk menciptakan lingkungan kerja yang meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Mulailah dengan melakukan percakapan terbuka dengan supervisor Anda.

Tujuannya bukan menyusun daftar keluhan, melainkan untuk menghasilkan rencana yang efektif guna mengelola stres yang telah Anda identifikasi, sehingga Anda dapat melakukan yang terbaik di tempat kerja.

Sumber : JIBI/Bisnis.com