Ini yang Perlu Dilakukan Perempuan Saat Masuk Usia 40 Tahun

Ilustrasi. - Freepik
28 September 2021 23:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tubuh perempuan akan berubah mengikuti pertambahan usia, terutama ketika sudah mulai memasuki usia 40 tahun.

Apabila Anda merasa belum menjalani gaya hidup sehat selama beberapa puluh tahun, ketika akan mencapai usia paruh baya adalah waktu yang tepat untuk mengubahnya.

"Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Menerapkan beberapa kebiasaan sehat ketika Anda mencapai usia paruh baya dapat memperpanjang usia hidup Anda," tutur dokter umum Dr. Philippa Kaye, dilansir The Sun.

Dr. Philippa Kaye menyarankan beberapa perubahan gaya hidup ketika mencapai usia 40 tahun:

1. Rutin periksa mata

Seiring bertambahnya usia, risiko penyakit mata, misalnya katarak, degenerasi makula akibat usia (AMD) dan glaukoma meningkat.

"Sangat penting untuk periksa ke dokter mata setahun sekali jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan masalah mata, dan setiap dua tahun jika tidak. Banyak dari penyakit mata ini tidak memiliki gejala pada tahap awal," ujar ahli bedah mata Elizabeth Hawkes.

Pemeriksaan mata juga dapat mendeteksi diabetes, hipertensi, kondisi autoimun, dan kanker tertentu.

2. Berhubungan seks

Bertambahnya usia membuat libido semakin menurun. Tetapi para ahli menyarankan untuk rutin berhubungan seks dengan pasangan untuk kesehatan.

"Hanya satu orgasme seminggu sudah cukup memberikan manfaat kesehatan mental yang besar," kata pakar seks dan hubungan Kate Taylor.

Selain itu, berhubungan seks juga dapat menghentikan vagina kering yang bisa terjadi seiring bertambahnya usia, membantu menurunkan tekanan darah sekaligus kadar hormon stres kortisol.

3. Lakukan waktu untuk bersantai

NHS (layanan kesehatan Britania Raya) mengungkap banyak orang mengalami gejala menopause beberapa tahun sebelum berusia 51.

Gejalanya seperti perubahan menstruasi, jerawat, libido rendah, rambut rontok, kelelahan serta perubahan suasana hati.

Pakar hormon Dr Martin Kinsella mengatakan bahwa meluangkan waktu untuk bersantai sangat penting.

"Agar hormon Anda seimbang, penting untuk mencoba mengurangi tingkat stres. Biasakan meluangkan waktu untuk diri sendiri setiap hari. Misalnya dengan mandi santai, meditasi lima menit atau berjalan-jalan," ujar Dr Kinsella.

4. Latihan kegel

Pendiri Elite Aesthetics, Dr Shirin Lakhani, mengatakan sekitar dua pertiga wanita dia atas 40 tahun menderita inkoninensia, kondisi ketika seseorang sulit menahan buang air kecil, sehingga menjadi mengompol.

"(Penyebabnya) banyak hal. Seperti melahirkan, sembelit, mengejan, menopause dan kelebihan berat badan, karena memberi tekanan pada dasar panggul seiring bertambahnya usia," jelas Dr Lakhani.

Kabar baiknya, latihan kegel setiap hari dapat membantu mencegahnya.

5. Memeriksakan payudara

Kanker payudara merupakan kanker paling banyak diderita perempuan.

"Semakin cepat kanker payudara ditemukan, kemungkinan pengobatan akan semakin berhasil. Pengecekan cepat, mudah dan tidak ada teknik khusus," ujar kepala kesehatan dan kesejahteraan Manveet Basra.

Ia melanjutkan, "kenali saja payudara Anda dan apa yang normal untuk Anda sehingga Anda dapat melihat perubahan baru atau tidak biasa."

Sumber : Suara.com