Advertisement

Anak Suka Mengisap Jempol? Begini Cara Menghentikannya

Newswire
Selasa, 28 September 2021 - 20:57 WIB
Nina Atmasari
Anak Suka Mengisap Jempol? Begini Cara Menghentikannya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ada beragam kebiasaan unik yang dilakukan anak kecil, salah satunya mengisap jempolnya sendiri. Pada umumnya kebiasaan anak mengisap jempol akan hilang dengan sendirinya saat ia menginjak usia 2 hingga 4 tahun. Tapi beberapa anak juga bisa berhenti mengisap jempol lebih cepat, yaitu di usia 6 atau 7 bulan.

Lantas, pertanyaannya bagaimana jika anak sudah berusia 5 tahun tidak kunjung berhenti mengisap jempol?

Advertisement

Mengutip Insider, Selasa (28/9/2021) American Academy of Pediatrics mengatakan orangtua perlu turun tangan saat anak usia 5 tahun masih mengisap jempol. Itu harus dilakukan karena kebiasaan menghisap jempol bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut dan gigi.

Berikut ini 4 tips hilangkan kebiasaan isap jempol pada anak yang bisa dilakukan orangtua:

1. Kenali kondisi saat anak mengisap jempol
Biasanya ada berbagai kondisi penyebab anak mengisap jempol entah karena lelah, bosan atau cemas. Maka orangtua wajib mengajari cara mereka mengungkapkan perasaan mereka, sehingga dengan sendirinya anak bisa kenali situasi diri sendiri.

Setelah mengenali situasi, orangtua bisa menawarkan alternatif lain pada anak daripada mengisap jempol. Misalnya menawarkan boneka binatang untuk membantu mereka tertidur.

2. Berdiskusi dengan anak
Bila anak sudah bisa mendengar penjelasan orangtua, maka bisa mulai berdiskusi dengan anak tentang dampak mengisap jempol terus menerus.

Langkah ini dilakukan untuk mengubah kebiasaan yang menganggu anak. Metode ini dipengaruhi usia anak, semakin tua usia anak semakin besar mereka bisa memahami mengapa harus berhenti mengisap jempol.

3. Beri imbalan kecil
Tujuannya untuk memberikan penghargaan untuk anak, saat mereka lebih maju dalam mengurangi atau menghilangkan kebiasaan mengisap jempol.

Tapi orangtua jangan terlalu mencap buruk kemunduran, karena tidak mudah untuk menghilangkan kebiasaan. Jelaskan, kemunduran adalah hal yang wajar, tapi jangan berhenti berusaha hilangkan kebiasaan isap jempol.

4. Opsi terakhir: gel rasa pahit
Cara ini jadi yang terakhir, yaitu dengan menganggu kenyamanan anak saat mengisap jempol. Misalnya mengoleskan gel rasa pahit yang dioleskan ke ibu jari anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement