Advertisement

Jadi Penyebab Rambut Rontok, Hindari Makanan Ini

Dinda Aulia Ramadhanty
Selasa, 28 September 2021 - 23:17 WIB
Bhekti Suryani
Jadi Penyebab Rambut Rontok, Hindari Makanan Ini Rambut rontok - klikdokter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jutaan orang setiap tahunnya berjuang dengan rambut rontok, yaitu situasi dimana kondisi rambut kian menipis dan menuju pada kebotakan.

Melansir pada eatthis.com, Selasa (28/9/2021) meskipun terdapat banyaknya opsi perawatan yang dapat dilakukan untuk mengembalikan rambut yang menipis, suatu penelitian terbaru menunjukkan bahwa mungkin ada cara lebih mudah untuk membantu mengurangi kerontokan rambut.

Advertisement

  1. Makanan yang mengandung banyak lemak dapat meningkatkan kerontokan rambut

Dalam jurnal, Hironobu Morinaga menjelaskan bahwa makanan dengan kandungan tinggi lemak dapat mempercepat penipisan rambut.

"Makanan dengan kandungan tinggi lemak dapat mempercepat penipisan rambut dengan menipiskan sel induk folikel rambut yang mengisi kembali sel-sel dewasa yang menumbuhkan rambut, terutama pada tikus tua," jelasnya.

  1. Efek dari makanan banyak kandungan lemak bisa dirasakan dalam beberapa hari

Tubuh tidak membutuhkan kemampuan untuk menyerap lemak bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Mengonsumsi lemak yang banyak berkaitan dengan peningkatan risiko kanker.

  1. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko kerontokan rambut

Sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology mengungkapkan kelompok pria berusia di atas 30 tahun memiliki obesitas yang lebih memungkinkan mengalami alopecia parah daripada mereka yang memiliki berat badan normal.

  1. Konsumsi lebih sedikit lemak

Menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Scientific Reports telah ditemukan bahwa tikus yang diberi makanan berlemak ala Barat, lalu mengonsumsi obat yang menghambat produksi glikosfingolipid (GSL), yaitu sejenis lipid mampu membantu mengatasi kerontokan rambut dan  hilangnya pigmentasi rambut.

Selain itu, makanan cepat saji dan instan juga menjadi penyebab kerontokan rambut, pemutihan rambut, dan peradangan kulit pada tikus.  

Fenomena serupa juga terjadi pada pria yang kehilangan rambut dan mengalami pemutihan rambut ketika mereka makan makanan berlemak dan berkolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran Telah Usai, Layanan di Dinas Dukcapil Jogja Kembali Normal

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

PPP Disebut Pengamat Segera Gabung Prabowo

News
| Selasa, 16 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement