Ini Manfaat Mandi Air Dingin, Salah Satunya Meringankan Gejala Depresi

Ilustrasi shower - istimewa
29 September 2021 21:57 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Bagi beberapa orang, mandi air dingin di pagi hari adalah cara yang tidak menyenangkan untuk memulai hari. Namun, jangan salah, berendam dalam air dingin menawarkan banyak manfaat kesehatan, baik fisik maupun mental.
 
Mandi air dingin pertama kali diberikan untuk alasan kesehatan pada awal abad ke-19 ketika dokter merancangnya untuk digunakan pada suaka dan narapidana untuk “menyejukkan otak yang panas dan meradang, dan untuk menanamkan rasa takut untuk menjinakkan keinginan yang terburu nafsu”.
 
Lalu pada pertengahan abad ke-19, orang-orang Victoria menyadari bahwa pancuran memiliki kegunaan lain, yaitu untuk memandikan orang, dan akan lebih baik jika airnya hangat. Kehadiran kebiasaan baru ini lantas tidak membuat praktik mandi air dingin benar-benar hilang, karena mandi air dingin memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh Anda.
 
Melansir Science Alert, Rabu (29/9/2021), berikut lima manfaat mandi air dingin yang baik bagi kesehatan Anda.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian besar dari Belanda menemukan bahwa orang yang mandi air dingin lebih kecil kemungkinannya daripada mereka yang mandi air hangat untuk mengambil cuti kerja karena sakit. Alasan semburan air dingin dapat menghentikan orang dari sakit tidak jelas, tetapi beberapa penelitian menunjukkan itu mungkin ada hubungannya dengan ‘meningkatkan’ sistem kekebalan tubuh.
 
Sebuah studi dari Czechia menunjukkan bahwa ketika ‘pemuda atletik’ direndam dalam air dingin tiga kali seminggu selama enam minggu, itu memberi sedikit dorongan pada sistem kekebalan mereka. Namun, penelitian lebih dan lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

2. Mengaktifkan sistem saraf simpatik

Air dingin tampaknya mengaktifkan sistem saraf simpatik, bagian dari sistem saraf yang mengatur respons melawan-atau-lari, reaksi fisiologis otomatis terhadap suatu peristiwa yang dianggap berbahaya, membuat stres, atau menakutkan.
 
Ketika ini diaktifkan, seperti saat mandi air dingin, Anda mendapatkan peningkatan hormon noradrenalin. Inilah yang kemungkinan besar menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah yang diamati ketika orang direndam dalam air dingin, dan terkait dengan peningkatan kesehatan yang disarankan.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Saat terkena air dingin, terjadi penurunan aliran darah ke kulit. Saat Anda tidak lagi terkena air dingin, tubuh harus menghangatkan diri, sehingga terjadi peningkatan aliran darah ke permukaan kulit.
 
Beberapa ilmuwan berpikir bahwa ini dapat meningkatkan sirkulasi. Sebuah penelitian yang mengamati perendaman air dingin setelah berolahraga menemukan bahwa, setelah empat minggu, aliran darah ke dan dari otot telah meningkat.

4. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menemukan bahwa perendaman air dingin pada suhu 14°C meningkatkan metabolisme hingga 350 persen. Metabolisme adalah proses di mana tubuh Anda mengubah apa yang Anda makan dan minum menjadi energi, sehingga metabolisme yang lebih tinggi kira-kira sama dengan lebih banyak energi yang terbakar.

5. Meringankan gejala depresi

Selain manfaat fisik, mandi air dingin juga memiliki manfaat kesehatan mental seperti, meringankan gejala depresi. Mekanisme yang diusulkan adalah bahwa, karena kepadatan reseptor dingin yang tinggi di kulit, mandi air dingin mengirimkan sejumlah besar impuls listrik dari ujung saraf perifer ke otak, yang mungkin memiliki efek anti-depresi.
 
Ada cukup banyak bukti bahwa berendam air dingin atau mandi air dingin baik untuk kesehatan Anda, meskipun alasannya masih sedikit tidak jelas. Tetapi sebelum Anda mulai menyalakan keran air dingin untuk mandi, Anda harus tahu bahwa ada beberapa risiko mandi air dingin. Semburan air dingin yang tiba-tiba dapat mengejutkan tubuh Anda sehingga sangat berbahaya bagi penderita penyakit jantung dan bisa memicu serangan jantung atau ketidakteraturan irama jantung.

Sumber : Bisnis.com