Advertisement

Mengapa Anak-anak Lebih Lama Mendapatkan Vaksin Covid-19?

Annasa Rizki
Kamis, 30 September 2021 - 05:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengapa Anak-anak Lebih Lama Mendapatkan Vaksin Covid-19? Vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech - BBC

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Vaksin Covid-19 untuk anak di bawah usia 12 tahun saat ini belum banyak tersedia. Para ahli kesehatan ingin memastikan keamanan vaksin pada generasi muda ini.

Direktur tim peneliti vaksin Vaderbilt, Dr. C. Buddy Creech mengatakan kepada Healthline bahwa butuh waktu lebih lama karena tidak dapat mengasumsikan dosis vaksin yang sama pada orang dewasa.

“Misalnya, karena anak-anak merespon vaksin mRNA dengan sangat baik terhadap Covid-19, kami dapat menentukan dosis yang jauh lebih kecil – setengah, seperempat, atau bahkan sepersepuluh dari dosis – agar menghasilkan respon imun yang serupa dengan apa terjadi pada orang dewasa,” ujar dr. Creech.

Saat ini vaksin yang tersedia untuk usia 12 tahun ke atas adalah Pfizer dan Moderna. Produsen vaksin mRNA seperti Pfizer dan Moderna saat ini juga melakukan percobaan bagi anak di bawah 12 tahun.

Creech mengatakan, “Saat ini, percobaan dilakukan dengan interval waktu yang sama untuk anak-anak, yaitu dengan jarak 3 minggu untuk Pfizer dan 4 minggu untuk Moderna”.

Memperpanjang jarak antar dosis akan lebih menguntungkan secara imunologi bagi orang yang memiliki risiko rendah terhadap komplikasi penyakit.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Harga Kedelai Mahal, Produsen Tahu Terpaksa Kecilkan Ukuran Produknya

Kulonprogo
| Minggu, 02 Oktober 2022, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Lulusan IPB Ogah Jadi Petani karena Penghasilan Kecil

News
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement