Advertisement

Kopi Tidak Hanya Menyehatkan Jantung, Ini Fakta Menarik Lainnya

Rika Anggraeni
Kamis, 30 September 2021 - 23:37 WIB
Nina Atmasari
Kopi Tidak Hanya Menyehatkan Jantung, Ini Fakta Menarik Lainnya Kopi memiliki manfaat untuk mencegah sakit jantung - Arah Kopi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kopi memiliki pencintanya. Ada banyak alasan orang menyukai minum kopi. Ada yang karena rasanya, ada pula karena kafein yang ada di setiap cangkir kopi. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah kopi benar-benar sehat untuk jantung Anda?

Menurut penelitian terbaru, seseorang yang mengonsumsi satu atau lebih cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko gagal jantung.

Advertisement

Minuman yang identik dengan rasa pahit dan gelap ini sebenarnya mengandung lebih dari 1.000 senyawa kimia yang berbeda, beberapa di antaranya memiliki efek menguntungkan yang terkait dengan penyakit jantung.

Terlebih lagi, beberapa penelitian terbaru juga telah menghubungkan seseorang yang mengonsumsi kopi dengan umur panjang dengan risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih rendah.

Jika Anda pencinta kopi, tak lengkap rasanya jika belum mengetahui fakta terbaru yang ada di dalam secangkir kopi. Dilansir dari Eat This, Not That, Kamis (30/9/2021), berikut adalah fakta kopi yang dapat memberikan manfaat pada kesehatan jantung Anda:

  1. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Studi terbaru dari European Society of Cardiology menemukan bahwa minum antara setengah cangkir hingga tiga cangkir kopi per hari maka berefek pada risiko stroke yang lebih rendah, kematian akibat penyakit kardiovaskular, dan kematian karena sebab apa pun.

Lebih khusus lagi, individu yang minum kopi sebanyak itu setiap hari memiliki risiko kematian dini 12 persen lebih rendah dari sebab apa pun, risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular 17 persen lebih rendah, dan risiko stroke 21 persen lebih rendah.

  1. Tidak menyebabkan jantung berdebar

Bagi banyak orang mengatakan bahwa jika mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat menyebabkan Anda merasa gelisah dan bahkan mungkin cemas.

Namun, kesalahpahaman umum tentang kopi adalah bahwa kopi dapat membuat jantung berdebar, atau dikenal sebagai aritmia jantung, jika Anda minum terlalu banyak. Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine menunjukkan ini belum tentu benar.

Faktanya, setelah peneliti melakukan penyesuaian demografi, kebiasaan gaya hidup, serta penyakit dan kondisi yang dapat memicu jantung berdebar. Peneliti menemukan bahwa setiap tambahan secangkir kopi yang dikonsumsi dikaitkan dengan penurunan risiko aritmia 3 persen.

Tetapi, bukan berarti Anda harus menghabiskan satu teko kopi. Jika Anda meminum tiga cangkir sehari, kopi tidak membuat jantung Anda berdebar kencang.

manfaat kopi

  1. Kopi juga bermanfaat untuk hati Anda

Selain memberikan manfaat pada kesehatan jantung, penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa kopi dapat memberikan manfaat perlindungan untuk hati.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health pada bulan Juni mengungkapkan bahwa peminum kopi 21 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit hati kronis dan 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki penyakit hati kronis atau hati berlemak.

Lebih lanjut, 49 persen peminum kopi juga lebih kecil kemungkinannya meninggal karena penyakit hati kronis dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

  1. Tapi terlalu banyak mungkin memiliki efek sebaliknya

Penelitian yang diterbitkan pada Februari 2021 di jurnal Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi enam cangkir kopi atau lebih setiap hari dapat meningkatkan jumlah lemak dalam darah.

Peningkatan lemak ini secara signifikan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Para peneliti percaya senyawa dalam kopi yang disebut cafestol sebagian besar harus disalahkan, yang diketahui meningkatkan kadar kolesterol, dan diekstraksi dari bubuk kopi melalui air panas.

Cara terbaik untuk membatasi konsumsi kopi adalah dengan meminum tiga cangkir kopi sehari untuk memastikan bahwa Anda memiliki manfaat jantung dan hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement