Masuki Usia 40 Tahun, Jangan Lagi Lakukan Hal-hal Ini

Diet sehat usia 40 tahun - boldsky.com
01 Oktober 2021 23:07 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Semua orang akan mengalami penuaan, seiring bertambahnya usia. Penuaan datang secara alami, namun proses penuaan yang dialami setiap orang berbeda-beda. Tanda yang mungkin dapat terlihat dengan jelas seperti kulit keriput dan rambut yang mulai beruban.
 
Saat menyadari tanda-tanda penuaan, banyak orang melakukan beragam cara untuk mencegah bahkan menghilangkannya, misalnya dengan menggunakan produk-produk kecantikan, ataupun melakukan perawatan lainnya. Ini bisa jadi membuat Anda stres, karena Anda mungkin belum siap menerima proses alami ini, tapi bersikap realisitis tentang penuaan dapat membantu Anda menerimanya dan memaksimalkan kesehatan Anda sehingga Anda benar-benar dapat merasa muda, meskipun sebenarnya tidak.
 
Menurut  Dr. Martin Miner, Direktur Medis Regional Layanan Medis Vault, menjadi sangat sadar akan perasaan  fisik dan emosional Anda sendiri adalah sesuatu yang banyak orang lalai melakukannya.
 
“Dan itu berdampak negatif pada kesehatan mereka seiring bertambahnya usia. Kendalikan perasaan dan hidup Anda, dan belajarlah untuk mengambil tindakan yang mengarahkan kapal ke arah yang Anda inginkan.” kata Martin.
 
Berikut adalah tujuh hal penting yang perlu diperhatikan oleh mereka yang berusia 40 tahun ke atas, melansir Eat This, Jumat (1/10/2021)

1. Jangan abaikan kadar vitamin D, zat besi  dan lainnya

Seiring bertambahnya usia, kekurangan vitamin menjadi lebih umum dan bisa menjadi penyebab banyak gejala dan kondisi kesehatan lainnya. Kekurangan vitamin D sangat umum dan dapat berkontribusi pada peningkatan kehilangan massa tulang dan osteoporosis.
 
Vitamin D yang rendah juga dikaitkan dengan depresi dan gangguan afektif musiman. Kekurangan potensial lainnya termasuk zat besi, riboflavin, dan vitamin B.

2. Berhenti makan sebelum tidur

Makan sebelum tidur bisa menyebabkan metabolisme tubuh melambat. Tubuh memperlambat fungsinya di malam hari untuk bersiap tidur, tetapi mengonsumsi makanan, terutama yang tinggi karbohidrat, dapat membuatnya lebih sulit untuk dicerna dan mengakibatkan penambahan berat badan. Saat Anda berusia 40 tahun, menurunkan berat badan menjadi hal yang sulit, karena itu berhenti makan sebelum tidur adalah solusi terbaik untuk mencegah bertambahnya berat badan.

3. Rambut Anda rontok? Terima atau lakukan sesuatu tentang ini

Rambut yang kian menipis adalah bagian alami dari penuaan. Daripada membuang-buang waktu memikirkannya, Anda mungkin perlu melakukan salah satu dari dua hal berikut.
 
Pertama, terimalah bahwa Anda kini tidak seperti dulu. Dan itu tidak masalah. Terakhir, cobalah produk penumbuh rambut, beberapa diantara benar-benar berhasil.

4. Dapatkan nutrisi yang baik dan berolahraga secara teratur

Seiring bertambahnya usia, nutrisi yang baik dan olahraga yang teratur menjadi lebih penting. Diet kaya antioksidan dapat membantu melindungi terhadap beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, Alzheimer, katarak dan beberapa jenis kanker.
 
Setelah usia 40, tingkat metabolisme turun, tetapi penurunannya sangat kecil dan alasan sebenarnya banyak orang di kelompok usia ini mulai menderita penyebaran paruh baya adalah karena perubahan kadar hormon dan pilihan makanan yang buruk, dikombinasikan dengan kurang olahraga.

5. Jangan ragu untuk mendapatkan terapi

Beberapa dari kita mengabaikan rasa sakit psikologis bahkan lebih dari rasa sakit fisik, terutama laki-laki.
 
“Pria berusia 40-an memiliki kecenderungan untuk mengabaikan kebutuhan emosional mereka, yang mengarah pada peningkatan stres dan penyakit terkait stres,” kata Haley Neidich, LCSW, seorang terapis yang berbasis di New Haven, Connecticut. Mengakui ketika Anda membutuhkan dukungan dan mencari konseling kesehatan mental yang tepat untuk kebutuhan Anda adalah hal yang penting.

6. Jangan lewati pemeriksaan kesehatan penting ini

Pemeriksaan pada kelompok usia 18 hingga 39 tahun harus terus diselesaikan setiap tahun, atau seperti yang direkomendasikan oleh dokter Anda, yang meliputi:
·  Pemeriksaan kolesterol harus diselesaikan pada usia dua puluhan, dan kemudian setiap tahun setelah Anda berusia 35 tahun; itu akan diperiksa setiap lima tahun jika normal, setiap tahun jika Anda memiliki faktor risiko
·  Pemeriksaan kulit seluruh tubuh untuk memeriksa tahi lalat yang mencurigakan atau lesi kulit
·  wanita: pemeriksaan benjolan payudara dan pemeriksaan panggul
·  Wanita: pap smear harus dilakukan setiap tiga tahun mulai dari usia 21 tahun
·  Pria: pemeriksaan testis
 
Dan jika Anda berusia di atas 40 tahun, tambahkan ini:
·  Wanita: mammogram dimulai pada usia 40 tahun dan harus dilakukan setiap tahun; jika kanker payudara turun-temurun di keluarga Anda atau Anda memiliki faktor risiko lain, Anda mungkin perlu memulai mammogram secara teratur pada usia lebih dini.
· Pria: pemeriksaan prostat dimulai pada usia 50 tahun kecuali Anda adalah individu yang berisiko tinggi, maka Anda mulai pada usia 40 tahun
· Pemindaian seluruh tubuh untuk tahi lalat yang mencurigakan atau lesi kulit harus diselesaikan setiap tahun, serta kadar gula darah untuk tanda-tanda diabetes
· Kolonoskopi harus diselesaikan pada usia 50 atau sepuluh tahun lebih awal dari anggota keluarga termuda dengan kanker usus besar; dengan hasil normal, pemeriksaan kanker kolorektal harus diselesaikan setiap 10 tahun.

7. Anda boleh berolahraga asalkan…

Ingat, saat usia bertambah, kekuatan tulang dan otot kita tidak seperti dulu lagi. Karena itu, saat melakukan olahraga, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan dan melakukan peregangan. Selain itu, penting untuk mendengarkan tubuh Anda. Jika Anda mengalami nyeri otot yang berlangsung lebih dari seminggu, atau nyeri sendi yang berlangsung lebih dari satu atau dua hari, itu adalah tanda bahaya.

Sumber : Bisnis.com