Hai Ladies, Ini 13 Rekomendasi Bisnis yang Cocok untuk Anda

Ilustrasi - Zaoyangnews
02 Oktober 2021 00:37 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Bisnis yang dimiliki wanita terbukti berhasil  mempekerjakan hampir 9 juta orang dan menghasilkan US$1,7 triliun dalam penjualan per tahun.

Selain itu, sosok wanita di dalam bisnis juga membantu perekonomian tetap berjalan sambil meningkatkan kehidupan mereka sendiri dan berinovasi dalam membuat cara-cara baru untuk membuat dunia yang lebih baik.

Walaupun semua wanita dapat memulai semua jenis bisnis, berikut beberapa pilihan bisnis yang dilansir dari Clevergirlfinance pada hari Rabu (29/09/21).

1. Layanan pendidikan

Sekitar 77 persen guru sekolah negeri di AS adalah perempuan. Selain itu, pendidikan juga menjadi industri yang didominasi perempuan. Jika Anda suka menyerap dan berbagi pengetahuan, bisnis yang berorientasi pada pendidikan bisa sangat cocok. Anda juga dapat memilih jam kerja Anda sendiri. Contohnya seperti membuka bimbingan, mengajar bahasa, kursus, musik, atau persiapan kuliah.

2. Bisnis desain

Wanita juga memiliki keunggulan dalam industri desain. Penelitian menunjukkan bahwa wanita mampu membedakan nuansa warna yang terlihat identik dengan pria. Bergantung pada keterampilan profesional Anda yang lain, hal ini bisa menjadi ide bisnis untuk Anda.

3. Perawatan kulit dan kecantikan

Meskipun wanita merupakan sebagian besar konsumen di industri kecantikan, hanya 29% eksekutif dan anggota dewan di merek kecantikan terkemuka adalah wanita. Dalam 100 perusahaan kecantikan teratas, hanya 10 yang memiliki CEO wanita. Namun karena produk yang diciptakan adalah untuk perempuan, maka akan masuk akal jika dibuat oleh wanita juga. Dalam bisnis ini, Anda dapat mempertimbangkan ide produk perawatan kulit yang sensitif karena jumlah yang lebih sedikit.

4. Rumah, kehidupan, & organisasi keuangan

Penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih terorganisir di bawah tekanan dan lebih baik dalam multitasking. Oleh karena itu, wanita dapat menjadi sosok yang sempurna untuk menjalankan bisnis ini.

5. Evet planning

Perencanaan acara adalah industri lain yang melibatkan banyak multitasking dan koordinasi detail. Anda dapat membantu pengantin dalam merencanakan dekorasi, katering, fotografer, dan lainnya.

6. Pengembangan aplikasi

Keterampilan dalam coding dapat dipelajari secara online dan terdapat berbagai aplikasi yang berguna. Cukup banyak aplikasi yang dikembangkan untuk wanita, yang juga dikembangkan oleh wanita.

7. Merawat hewan atau anak-anak

Jika Anda menyukai binatang atau anak-anak, maka ini akan menjadi ide bisnis yang tepat bagi Anda. Lebih baik lagi jika Anda memiliki lisensi dan menyiapkan tempat yang nyaman agar Anda dapat lebih dipercayai.

8. Layanan makanan atau katering

Jika Anda memiliki bakat dalam memasak dan sangat menyukainya, maka Anda dapat mulai berbisnis yang berpusat dalam makanan. Anda dapat memulai bisnis makanan dari rumah, atau membuat food truck.

9. Fotografi

Kembali pada desain dan warna, hal ini juga berpengaruh dalam membuat atau merancang konsep fotografi yang baik. Sebagian besar Anda akan memeroleh pendapatan jika ada acara seperti pernikahan.

10. Menjalankan toko online

Dengan toko online, maka Anda akan cenderung lebih fleksibel dan mengeluarkan biaya yang lebih hemat dibandingkan harus menyewa sebuah toko. Anda dapat memulai dari situs e-commerce dan menjual berbagai barang yang Anda mau. Contohnya seperti menjual barang hasil kerajinan Anda sendiri, pakaian dan lain-lainnya.

11. Membuka penginapan dan sarapan

Ide ini menggabungkan investasi real estat dengan industri perhotelan. Anda dapat mengenakan biaya tarif yang layak untuk per malamnya dan bisnis persewaan jangka pendek dapat membantu Anda menutupi hipotek dan pajak atas properti dan menghasilkan keuntungan. Namun agar dapat berjalan sukses, Anda harus mempersiapkan rencana yang matang.

12. Menulis atau membuat blog

Jika Anda memiliki nilai yang bagus dalam membuat esai, maka Anda mungkin memiliki bakat dalam menulis. Anda dapat memulai dengan bisnis lepas atau memonetisasi blog Anda dengan topik yang Anda sukai

13. Apapun yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda

Jangan memaksakan diri untuk menyesuaikan diri dengan apa yang menurut Anda harus dilakukan oleh wanita di dalam bisnis. Anda juga dapat mengerjakan bisnis yang tidak didominasi oleh wanita dan janganlah ragu jika Anda memiliki pengetahuan untuk membuatnya menjadi berhasil.

Sumber : Bisnis.com