Advertisement

Lima Cara Mudah Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Feni Freycinetia Fitriani
Minggu, 03 Oktober 2021 - 20:27 WIB
Budi Cahyana
Lima Cara Mudah Mengatasi Insomnia Tanpa Obat Ilustrasi perempuan memainkan gadget karena insomnia - Freepik.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jika Anda mengalami kesulitan tidur, ini bisa menjadi tanda insomnia. Simak 5 cara mudah mengatasi insomnia.

Insomnia merupakan gangguan yang membuat Anda sulit untuk tertidur atau tidur dengan cepat. Biasanya, orang dewasa membutuhkan sekitar tujuh hingga sembilan jam tidur per malam. Jumlah ini tidak sama untuk semua orang tergantung pada sejumlah faktor.

Advertisement

Namun, perlu diingat kualitas tidur lebih penting dibandingkan jumlah jam tidur setiap malam. Kebutuhan tidur juga berubah sepanjang hidup Anda seiring bertambahnya usia.

Insomnia dapat membuat Anda lelah sepanjang hari dan dapat memengaruhi kesehatan fisik dan emosional. Jika tubuh Anda tidak memiliki istirahat yang cukup, hal tersebut dapat memengaruhi suasana hati dan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Anda juga mungkin berisiko terkena penyakit seperti depresi, obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Beberapa penyebab insomnia antara lain, stres, kecemasan, atau depresi, kondisi tidur yang tidak nyaman (tempat tidur, suhu, atau cahaya), kebisingan, penggunaan obat, jam kerja tidak teratur, alkohol, kafein, dan nikotin.

Berikut 5 cara mudah untuk mengatasi insomnia tanpa obat-oabatan seperti dilansir dari WebMD, Minggu (3/10/2021):

1. Olahraga

Melakukan beberapa aktivitas fisik atau olahraga merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi insomnia. Olahraga baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Saat berolahraga, tubuh melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa terjaga dan berenergi. Cobalah berolahraga lebih awal. Namun, Anda harus menghindari berolahraga dalam waktu dua jam sebelum tidur.

2. Jadwal Tidur

Mempraktikkan jadwal saat tidur dapat membantu Anda mengatasi insomnia. Ini berarti Anda harus mencoba untuk tetap pada jadwal tidur yang teratur setiap hari. Atur waktu tidur yang teratur dan waktu bangun yang teratur agar tubuh Anda terbiasa tidur pada jam-jam tersebut.

Anda juga harus menghindari tidur siang sepanjang hari karena Anda akan lebih lelah ketika datang ke waktu tidur malam.

3. Nutrisi

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi ternyata berperan penting dalam kualitas tidur Anda. Konsumsi makanan yang sehat memiliki banyak keuntungan, tetapi pastikan Anda tidak makan makanan besar dalam beberapa jam sebelum tidur.

Aturan berlaku untuk alkohol dan kafein juga. Baik kafein dan alkohol dapat memengaruhi kualitas tidur Anda atau membuat Anda sulit untuk tertidur. Berhenti minum kafein pada sore hari dan hindari alkohol setelah makan malam.

Salah satu solusi paling populer untuk insomnia, minum susu hangat atau teh chamomile sebelum tidur. Keduanya dipercaya memiliki efek pada otak yang membuat Anda lebih mudah tertidur.

4. Pengaturan Cahaya

Saat kamar gelap, Anda lebih mudah untuk tertidur dan tetap tertidur. Gunakan gorden tebal untuk menghalangi cahaya yang dapat membangunkan Anda saat pagi hari.

Ini berlaku untuk cahaya buatan juga. Hindari menonton TV atau menggunakan ponsel atau tablet Anda sebelum tidur. Spektrum cahaya dari gadget elektronik memiliki efek merangsang sehingga membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Sebaliknya, cobalah sesuatu yang menenangkan, seperti membaca, mendengarkan musik, atau mandi sebelum tidur.

Jika Anda bangun di tengah malam untuk menggunakan kamar kecil, jangan menyalakan lampu. Sebagai gantinya, gunakan senter untuk membantu memandu Anda ke kamar mandi. Lampu kamar mandi di atas kepala bisa membuat Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur kembali.

5. Relaksasi

Cobalah untuk menyelesaikan tugas atau tantangan yang paling berat di pagi hari dan tidak dalam beberapa jam sebelum tidur. Buat kamar tidur Anda nyaman dan siap untuk relaksasi dengan meredupkan lampu, menurunkan suhu jika memungkinkan, dan mengurangi kebisingan. Barang-barang seperti penyumbat telinga dan mesin white noise dapat membantu Anda untuk relaksasi.

Sembunyikan jam di kamar Anda sehingga Anda tidak tergoda untuk melihatnya di malam hari. Semakin Anda khawatir tentang tidur, semakin sulit untuk tertidur dan mengatasi insomnia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencegahan Kecelakaan Laut di Pantai Selatan, BPBD DIY: Dilarang Mandi di Laut

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement