Advertisement

Ini Waktu Ideal Mengganti Sikat Gigi Menurut Dokter Gigi

Newswire
Minggu, 03 Oktober 2021 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
Ini Waktu Ideal Mengganti Sikat Gigi Menurut Dokter Gigi Ilustrasi - Imgbuddy

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sikat gigi yang terlihat baik-baik saja ternyata mungkin perlu diganti.

Selain terlihat kurang segar setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan digunakan setiap hari, bulu sikat sebenarnya menjadi kurang efektif ketika menyikat gigi waktu ke waktu.

Advertisement

Tidak hanya itu, sikat gigi bekas bisa sampai ke titik di mana menjadi tempat bakteri dan jamur jahat yang berbahaya untuk kesehatan gigi.

“Idealnya, Anda harus mengganti sikat gigi setiap tiga sampai enam bulan,” kata dokter gigi Amanda Lewis, Minggu (3/10/2021).

Jika kedengarannya terlalu banyak, ingatlah bahwa email gigi adalah zat yang paling keras dalam tubuh manusia. Jadi, ketika menggunakan sikat gigi setiap hari, serat penyusunnya akan aus.

Setelah bulu menjadi terentang dan berjumbai, efektivitasnya menurun, yang dapat meningkatkan risiko gigi berlubang, bau mulut, dan masalah kesehatan mulut lainnya.

Lalu ada faktor bakteri. Meskipun apa pun dapat dan akan mengumpulkan bakteri, sikat gigi adalah tempat favorit.

“Ketika sikat gigi tidak diberi waktu untuk mengering, itu dapat menarik partikel di udara yang mulai menampung dan menumbuhkan koloni bakteri berbahaya,” kata dokter gigi Mariya Malin kepada Bustle.

Belum lagi, jika sikat gigi disimpan tepat di sebelah toilet juga bisa terkena bakteri seperti E.coli.

Meskipun Anda selalu ingin mengganti sikat gigi sebelum usia enam bulan, ada banyak cara untuk membuatnya tetap segar untuk sementara waktu.

Umang Patel, seorang dokter gigi yang berbasis di Chicago, Illinois, merekomendasikan untuk membilas bulu sikat secara menyeluruh dan, jika Anda memiliki sikat gigi elektrik, lepaskan tongkat dan bersihkan secara menyeluruh setelah digunakan.

“Air liur dan pasta gigi bisa tersangkut di bawah tempat sikat menempel pada tongkat dan bisa menjadi tempat pembuangan kuman dan bakteri, yang bisa menyebabkan sakit,” katanya kepada Bustle.

Cara lain yang baik untuk menjaga sikat tetap bersih adalah dengan menyimpannya di meja, di tempat sikat gigi sehingga bisa mendapat udara luar di siang hari.

Jika Anda menyimpan sikat gigi dalam wadah basah atau membuangnya ke dalam laci, kemungkinan besar bakteri akan tumbuh, jadi biarkan di udara agar benar-benar kering di antara setiap penggunaan.

Untuk dosis perlindungan ekstra, Patel merekomendasikan untuk menuangkan sedikit obat kumur di atas sikat gigi setelah setiap kali digunakan untuk membantu membersihkan kuman atau bakteri yang tersisa. Anda juga dapat melakukan ini sebelum menyikat jika mau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement