Selain Air Putih, Ini 4 Minuman yang Juga Baik Dikonsumsi setelah Berolahraga

Ilustrasi. - Freepik
04 Oktober 2021 07:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Manusia memerlukan air untuk rehidrasi tubuh. Banyak orang menganjurkan untuk minum air putih setelah berolahraga. Padahal, ada juga minuman lain yang aman dikonsumsi setelah beraktivitas berat.

Bukan minuman olahraga maupun minuman kemasan, berikut empat minuman yang dapat menghidrasi tubuh setelah berolahraga.

1. Susu cokelat

Berdasarkan Healthline, susu cokelat mengandung karbohidrat dua kali lebih banyak daripada susu biasa. Studi menemukan susu coklat sangat bermanfaat, terutama setelah bersepeda, atlet ketahanan, dan pelari.

Mengonsumsi karbohidrat dapat mengganti glikogen yang hilang selama aktivitas, menjadikannya pilihan yang cocok setelah olahraga.

2. Air kelapa

Air kelapa sangat bagus dikonsumsi setelah berolahraga karena kaya akan elektrolit seperti kalium dan magnesium. Dibandingkan minuman olahraga, air kelapa justru lebih sedikit natrium.

Tetapi harus perlahan saat mengonsumsi air kelapa setelah olahraga karena pada beberapa orang konsentratnya dapat menyebabkan kembung dan sakit perut.

3. Jus ceri

Jus ceri kaya antioksidan sehingga dapat mengurangi peradangan serta bermanfaat untuk memulihkan sekaligus meningkatkan fungsi otot.

4. Teh hitam atau teh hijau

Penelitian menunjukkan teh hitam atau teh hijau efektif dalam oksidasi lemak, suatu proses ketika lemak dipecah menjadi molekul yag lebih kecil untuk disimpan dan digunakan sebagai energi.

Sama seperti jus ceri, teh juga menganding antioksidan sehingga bisa mengurangi nyeri otot.

Sumber : Suara.com