Hindari! Makanan-makanan Mentah Ini Berbahaya Bagi Tubuh Anda

Makanan mentah China
04 Oktober 2021 19:37 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Tidak hanya dapat ditularkan dari orang ke orang, penyakit juga dapat ditularkan melalui makanan. Bahkan, makanan adalah salah satu faktor penularan yang cukup agresif. Hal ini terjadi karena kurangnya edukasi menyeluruh terhadap higienitas makanan dan cara pengolahan makanan yang benar.

Penyakit yang ditimbulkan karena konsumsi makanan-makanan yang terkontaminasi oleh patogen seperti bakteri, virus, jamur, parasit dan zat beracun ini dikenal dengan sebutan foodborne disease. Ini dapat bersumber dari makanan itu sendiri, wadah makanan, air yang terkandung, dan tangan orang yang menyajikannya.

Melansir dari akun Instagram @sycomora.id, Senin (4/10/2021), foodborne disease merupakan permasalahan kesehatan masyarakat yang paling banyak dijumpai dan penyebab signifikan menurunnya produktivitas ekonomi.

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2020, terdapat 1,5 miliar kasus diare setiap tahunnya, dan 70 persen kasus terjadi akibat foodborne disease.

Lantas makanan apa saja yang jika dikonsumsi mentah atau kurang matang dapat menimbulkan foodborne diseases

1.  Sushi dan Sashimi

Bagi Anda pecinta makanan khas Jepang tentu sudah tidak asing dengan dua jenis makanan ini. Kedua makanan ini bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan vitamin dan asam lemak omega-3. Namun, sushi dan sashimi yang salah cara pengolahannya bisa mengandung bakteri (salmonella) dan parasit (cacing anisakis). Oleh karena itu, hindari ikan dengan kandungan merkuri tinggi seperti ikan todak, tuna dan hiu, serta menghindari olahan ikan mentah yang kurang segar.

2. Tiram mentah (oyster)

Tiram mentah dapat memicu penyakit vibriosis dan hepatitis A. Vibriosis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh vibrio, salah satu jenis bakteri  yang tergolong dalam kelompok marine bacteria.  Bakteri ini dapat menyebabkan seseorang mengalami mual, muntah, diare dan menggigil. Sementara, hepatitis A dapat menyebabkan seseorang mengalami peradangan pada organ hati akibat infeksi virus. Untuk menghindari kedua kondisi tersebut, pastikan untuk memasak tiram dengan matang sebelum dikonsumsi.

3. Telur mentah

Telur mentah yang tidak steril, dipadati oleh bakteri salmonella yang merupakan salah satu patogen utama penyebab food poisoning. Cara terbaik untuk menghindari bakteri ini adalah dengan memasak telur hingga putih dan kuningnya matang seluruhnya, dan menggunakan telur yang sudah dipasteurisasi, sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa,  kapang dan khamir.

4. Kacang merah mentah

Kacang merah memiliki protein yang disebut lektin kacang atau PHA, yang dapat menyebabkan gejala keracunan makanan dalam kurun waktu 3 jam. PHA ini baru hancur ketika terpapar suhu panas saat dimasak hingga matang

5. Singkong mentah

Seperti yang sudah diketahui, akar singkong  mengandung sianida, dan singkong mentah masih mengandung sianida dari akarnya. Meskipun kadar sianidanya tidak mematikan, ini dapat membuat seseorang mual, muntah dan diare berat. Sycomora menyarankan untuk tidak mengonsumsi singkong mentah atau setengah matang, serta merebus atau menggorengnya terlebih dahulu agar aman dikonsumsi.

Sumber : Bisnis.com