Mulai Hujan, Simak Tips Berkendara yang Aman

Ilustrasi. - Freepik
05 Oktober 2021 13:57 WIB Herlambang Jati Kusumo Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Berkendara dengan kendaraan roda dua dalam kondisi hujan, harus memerhatikan sejumlah hal demi keselamatan.

Instruktur Safety Riding PT Astra International Tbk.-Honda, Muhammad Ali Iqbal mengatakan ada sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian untuk berkendara aman saat hujan. Perlu menjadi perhatian waktu hujan dalam 10 menit pertama hujan.

Pada saat hujan, suhu roda (ban) terjadi perubahan akibatnya berpengaruh terhadap daya friksi roda terhadap aspal. Pada saat hujan turun membasahi aspal jalan, kotoran atau debu yang berada di aspal belum hilang secara menyeluruh, hal ini berdampak pada daya friksi.

“Tips berkendara aman saat hujan, pertama gunakan jas hujan model single, kedua tetap menggunakan perlengkapan berkendara yang aman, ketiga berkendara di kecepatan rendah, keempat jangan melakukan rem mendadak, dan kelima gunakan lampu jarak jauh,” ucap Ali, Selasa (5/10/2021).

Saat ini Astra Motor Safety Riding Center yang berada di Jalan Jendral Sudirman Nomor 99, Terban, Gondokusuman telah dibuka kembali, dengan menyesuaikan pencegahan Covid-19.

Baca juga: Eror 6 Jam Lebih, WhatsApp dan Instagram Mulai Kembali Normal

Pertama, peserta minimal sudah vaksin dosis pertama, kedua pengecekan kartu vaksin, ketiga cuci tangan dan cek suhu sebelum masuk gedung, keempat pengecekan kartu vaksin, kelima memastikan unit praktek dan seragam steril, selanjutnya kapasitas kelas 50%, dan tetap menjaga jarak.

Sebelumnya dikabarkan juga dalam kurun waktu 19 tahun, AHM bersama jaringan main dealer Honda secara konsisten menggulirkan berbagai program kampanye keselamatan berkendara di Tanah Air, seperti melalui Honda Safety Riding Festival, Kampung Safety Riding, Taman Lalu Lintas, Safety Riding Lab di sekolah, pembentukan duta Safety Riding di berbagai level pendidikan, lomba kampanye keselamatan berlalu lintas melalui media sosial, edukasi keselamatan berkendara secara virtual dan beragam aktifitas lainnya.

Kegiatan ini didukung oleh 143 instruktur safety riding yang unggul dan 940 unit Honda Riding Trainer (HRT) sebagai alat simulasi berkendara yang tersebar di seluruh jaringan main dealer sepeda motor Honda yang telah diutilisasi oleh lebih dari 23 juta masyarakat.

Selain itu, AHM pun terus memperkuat kampanye keselamatan berkendara dengan pendekatan khas anak muda melalui tagline #cari_aman yang menyuguhkan perspektif baru bagi generasi muda agar dapat meningkatkan minat dan komitmen mereka dalam keselamatan berkendara.

Melalui keseruan bahasa anak muda, kampanye #cari_aman diharapkan mampu menjadi inspirasi sekaligus berkontribusinya generasi muda dalam mewujudkan keselamatan berkendara pada aktivitas keseharian untuk mencapai mimpi terbaik mereka.