Kenali Jenis Penyakit Lambung, Gejala dan Penyebabnya

Ilustrasi sakit perut Blogdoctoroz.com -
06 Oktober 2021 07:27 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Lambung merupakan salah satu organ penceraan yang memiliki peran untuk memecah makanan yang kita makan sebelum dikirimkan ke organ lainnya.

Ketika Lambung terkena penyakit, tentunya akan berdampak bagi sistem pencernaan kita dan perlu segera untuk diobati.

Berbagai penyebab penyakit lambung sendiri terjadi dikarenakan berbagai faktor dan penyebab. Dikarenakan lambung juga menjadi organ pencernaan yang memberikan peran yang penting, maka Anda harus mewaspadai penyakit pada lambung.

Untuk lebih jelasnya, berikut jenis-jenis penyakit lambung yang dilansir dari beberapa sumber dan dirangkum oleh Bisnis, yakni sebagai berikut.

1.Dispepsia

Gejala ini dirasakan pada perut di bagian atas. Anda cenderung merasa mudah kenyang, ada rasa tidak nyaman di perut dan nyeri di ulu hati setelah makan. Terdapat banyak penyebab dari dispepsia seperti yang dipicu oleh makanan, minuman dan juga obat. Namun Anda bisa juga terkena dispepsia ketika terlalu banyak mengonsumsi kafein, merokok dan makan yang terlalu banyak atau terlalu cepat.

2. Gastroparesis

Gastroparesis adalah kondisi gerakan spontan otot pada lambung tidak berfungsi normal, sehingga dapat membuat makanan menjadi lama untuk dicerna. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan adanya gangguan pada saraf lambung. Faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan ini adalah diabetes, gangguan tiroid, operasi pada saluran pencernaan, terapi radiasi di bagian perut yakni pada kasus kanker dan adanya efek samping dari obat-obatan.

3. GERD

GERD atau refluks asam lambung adalah ketika asam lambung naik ke atas kerongkongan, hingga menyebabkan iritasi pada dinding esofagus dan nyeri ke ulu hati. Akibat dari asam lambung adalah merasa kembung, cegukan, bersendawa, batuk kering, bagian dada dan tenggorokan terasa nyeri dan tersumbat, hingga sulit untuk menelan makanan. Hal yang menyebabkan GERD sendiri adalah kelebihan berat badan, merokok, tidur setelah makan, suka minuman berakohol, teh dan kopi.

4. Tukak lambung

Tukak lambung adalah kondisi luka pada dinding lambung dikarenakan lapisan pada lambung terkikis. Penyebab dari tukak lambung sendiri adalah infeksi bakteri dan penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid seperti aspirin dalam jangka panjang.

5. Kanker lambung

Kanker lambung sulit untuk didiagnosis karena biasanya sulit untuk melihat gejala pada tahap awal. Kanker ini terjadi ketika terbentuk di lapisan lambung Anda dan dapat tumbuh menjadi tumor dan biasanya tumbuh secara perlahan selama bertahun-tahun.

6. Gastritis

Gastritis terjadi ketika peradangan pada lambung yakni akibat asam lambung yang dapat merusak pelindung dinding lambung, sehingga menimbulkan pendarahan, nyeri lambung, dan tukak lambung. Gejala yang dirasakan jika terkena gastritis adalah mual, gangguan pencernaan, muntah, dan merasa penuh di perut bagian atas terutama setelah makan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia