Selain Perut dan Lengan, 4 Bagian Tubuh Ini Butuh Dilatih

Ilustrasi otak - branline.org
06 Oktober 2021 23:17 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Saat melakukan latihan atau olahraga, biasanya Anda akan berpikir tentang melatih perut, paha, serta lengan Anda. Namun jika Anda betul-betul ingin memperhatikan kesehatan secara keseluruhan, Anda perlu memantau otot yang lain juga.
 
Menurut para ahli, ada beberapa area yang sering kita lupakan ketika sedang berolahraga.
 
Berikut adalah bagian lain tubuh yang juga membutuhkan latihan, melansir Huffpost, Rabu (6/10/2021)

1. Otak Anda

Otak memiliki fungsi vital yang butuh dilatih sama seperti bagian tubuh lainnya. Seperti halnya latihan fisik yang konsisten dapat meningkatkan umur panjang kita, melatih otak secara teratur dapat meningkatkan kognisi dan memiliki manfaat seumur hidup.

Kita dapat melakukan ini dengan berbagai cara baru, mulai dari mempelajari bahasa baru hingga menjelajahi kota baru. Kuncinya adalah untuk menantang pikiran kita. Kita juga bisa mencoba menekuni hobi lain, seperti belajar bermain piano atau olahraga baru.

2. Paru-paru Anda

“Olahraga diperlukan agar paru-paru berfungsi pada kinerja puncak dan karena fungsi paru-paru menurun secara bertahap setiap tahun mulai usia 35 tahun,” kata Alberto L. Rozo, spesialis kedokteran paru di Northwell Health di New York City.
 
Ini termasuk latihan aerobik setiap hari dan melakukan latihan pernapasan seperti pernapasan diafragma. Berbaring telentang, letakkan satu tangan di perut di atas pusar dan satu lagi di dada. Tarik napas melalui hidung selama dua detik, rasakan udara masuk ke perut dan perut terdorong keluar. Kemudian hembuskan napas selama dua detik melalui bibir yang mengerucut, biarkan perut Anda mengempis. Ulangi beberapa kali.

3. Pergelangan tangan 

Penting untuk melatih otot yang mengontrol fungsi pergelangan tangan untuk mengoptimalkan kekuatan dan stabilitas sendi.
 
Pemanasan khusus yang meregangkan pergelangan tangan dan lengan bawah dapat membantu mencegah penggunaan berlebihan atau cedera dengan menyiapkan otot dan tendon untuk mengatasi stres kumulatif yang mungkin ditimbulkan oleh olahraga
 
Lakukan ini dengan meletakkan lengan bawah Anda rata di atas meja, biarkan tangan dan pergelangan tangan Anda menjuntai dari tepi. Tekuk pergelangan tangan Anda perlahan, lalu angkat kembali. Ulangi beberapa kali, lalu lanjutkan ke sisi lainnya. Anda juga dapat melakukan ini dengan bobot yang kecil dan ringan.

4. Jari-jari kaki 

Lima tulang yang terletak tepat di belakang jari-jari kaki, yang disebut metatarsal, menanggung banyak berat badan kita dan membutuhkan perhatian khusus untuk tetap bekerja dengan baik.
 
Kelby Brown, seorang pelatih tari dan kebugaran di New York City, menyarankan untuk mencoba gerakan titik dan melenturkan kaki untuk memperkuat dan menciptakan fleksibilitas pada jari kaki dan pergelangan kaki Anda. Mulailah dengan duduk dengan punggung menempel ke dinding dan rentangkan tangan Anda di samping, “dengan ujung jari tengah ditekan ringan ke tanah,” katanya.
 
Kemudian, pegang erat kedua kaki Anda. Arahkan jari-jari kaki Anda dari titik ini dan hitung sampai empat. Kemudian tekuk kaki Anda dan hitung sampai empat. Lakukan ini beberapa kali. Saat dalam posisi meregang, kaki Anda harus “menyerupai kacang mete atau pisang.

Sumber : Bisnis.com