Advertisement

Jenis Makanan yang Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Novita Sari Simamora
Sabtu, 09 Oktober 2021 - 21:37 WIB
Budi Cahyana
Jenis Makanan yang Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Alpukat mengandung lemak baik dan bisa menjadi makanan yang menurunkan kolesterol dengan cepat - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kolesterol jahat yang bisa menyumbat pembuluh darah dapat cepat diturunkan dengan makanan.

Dikutip dari Express, Sabtu (9/10/2021), terlalu banyak kolesterol dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan peredaran darah seperti serangan jantung dan stroke. Sementara kolesterol baik (high-density lipoproteins) dapat membawa kolesterol pergi untuk dipecah agar tidak menyumbat pembuluh darah.

Deborah Lee, pakar nutrisi, membeberkan makanan yang dapat menurunkan kolesterol dengan cepat. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

1. Lemak sehat

Produk susu, daging berlemak seperti bacon, sosis, salami dan produk daging seperti kue kering, dan pai, biskuit, kue dan kue kering, mentega, krim, ghee, lemak babi dan keju, kelapa dan minyak kelapa sawit, es krim dan cokelat, bisa meningkatkan kolesterol Anda.

Lee menyarankan agar Anda mengonsumsi makanan mengandung lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, wijen, dan lobak, alpukat, dan kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, dan hazelnut.

“Makanan yang bisa menurunkan kolesterol dengan cepat adalah ikan berminyak seperti salmon, mackerel atau trout, bunga matahari, kedelai, jagung atau minyak bunga matahari dan menyebar, rami, labu dan biji wijen dan kenari.”

Dia juga menyarankan untuk mengonsumsi banyak sayuran, lentil, kacang-kacangan dan buncis, makan buah segar, dan gunakan kacang-kacangan dan biji-bijian dalam setiap masakan.

Advertisement

kacang almon, makanan menurunkan kolesterol

Kacang almond bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh dengan cepat./Food Magazine

2. Serat

Advertisement

Mulailah makan lebih banyak serat untuk mengurangi kolesterol Anda. Serat adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang ditemukan di banyak buah dan sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Dia menyarankan untuk menghindari makanan putih seperti roti putih, dan nasi putih dan pasta putih.

3. Tanaman stanol dan sterol

Makanan nabati mengandung zat yang disebut stanol dan sterol yang secara alami dapat menurunkan kolesterol, jadi Anda harus mulai memasukkan lebih banyak zat ini ke dalam makanan Anda.

Advertisement

Lee menuturkan bahwa Anda dapat membeli makanan yang mengandung kadar stanol dan sterol yang diperkaya khusus untuk membantu menurunkan kolesterol. Makanlah 1,2g hingga 2,4 g per hari, ini dapat menurunkan kolesterol Anda hingga 10 persen.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ditinggal Beli Makanan, Motor di Dapur Digondol Maling

Kulonprogo
| Kamis, 29 September 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Bank Jateng Tour de Borobudur (TdB) XXII 2022 Akan Tampil Beda

News
| Kamis, 29 September 2022, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement