Advertisement

Kenali Gejala Stroke Pada Usia Muda, Ini Penyebabnya

Novita Sari Simamora
Minggu, 10 Oktober 2021 - 11:37 WIB
Sunartono
Kenali Gejala Stroke Pada Usia Muda, Ini Penyebabnya Pria lebih rentan terserang stroke di usia muda. Perhatikan gejala dan tanda dari hipertensi dan kolesterol - webmd.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penelitian terbaru menyebutkan pria yang berusia di atas 30 tahun, berpotensi terserang stroke hingga 70 persen. Gejala awalnya adalah hipertensi yang tidak tidak terkontrol.

Mengutip dari Medical News Today, Sabtu (9/10/2021), Aayush Visaria, peneliti pascadoktoral di Rutgers Institute for Health menggunakan sample 13.253 orang. Di antara adalah kelompok yang berusia 20-29 tahun, pria menunjukkan 59 persen kemungkinan hipertensi yang tidak terkontrol lebih besar daripada wanita. Kondisi ini berpotensi memicu gejala stroke pada usia muda.

Pada kelompok berusia 30-39 tahun, pria memiliki risiko hingga 70 persen peningkatan risiko hipertensi yang tidak terkontrol dibandingkan dengan wanita. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Sementara itu, dalam kelompok yang berusia 40-49, pria 47 persen lebih mungkin untuk memiliki hipertensi yang tidak terkontrol daripada wanita. Potensi risiko bisa menjadi gejala dan tanda awal stroke pada usia muda dan produktif.

Di antara mereka yang berusia 70-79 tahun, wanita memiliki peluang 29 persen lebih besar untuk mengalami hipertensi yang tidak terkontrol dibandingkan dengan pria. Di kelompok berusia 80 dan lebih tua, wanita 63 persen lebih mungkin untuk memiliki hipertensi yang tidak terkontrol dibandingkan pria.

Faktor risiko stroke untuk pria muda

Derek M. Griffith, pendiri dan Direktur Center for Men's Health Equity mengatakan bahwa ada profil risiko berdasarkan gender. Dia mengatakan pada usia 35 tahun ke atas, penyakit jantung adalah salah satu dari dua penyebab utama kematian untuk pria.

“Sebagian besar kematian pria akibat penyakit jantung disebabkan oleh hipertensi yang tidak terkontrol, yang bisa menyebabkan stroke,” ungkapnya.

Menurutnya, pria yang  memiliki profil kesehatan yang  buruk, berpotensi memiliki risiko stroke saat usia kurang dari 50 tahun.

Advertisement

Pemicu hipertensi yang menyebabkan stroke adalah stres yang dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga pria mengkonsumsi makanan  tidak sehat, konsumsi minuman manis, merokok dan minum alkohol. “Perilaku mengatasi stres ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.”

Di usia paruh baya, lanjutnya, penurunan fisik sering terjadi karena pilihan gaya hidup dan pengalaman hingga saat itu.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ditinggal Beli Makanan, Motor di Dapur Digondol Maling

Kulonprogo
| Kamis, 29 September 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Bank Jateng Tour de Borobudur (TdB) XXII 2022 Akan Tampil Beda

News
| Kamis, 29 September 2022, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement