Bantal Bikin Kulit Wajah Berkeriput, Begini Cara Mengatasinya

Keriput wajah - copiisimamici
10 Oktober 2021 23:57 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kerut atau keriput adalah tanda dari proses penuaan karena faktor usia.

Tetapi, keriput bisa dipercepat karena beberapa hal, termasuk jenis bantal yang Anda tiduri dapat menentukan kedalaman kerutan Anda.

Penelitian telah menemukan jenis bantal yang mengurangi kerutan "peningkatan kedalaman dan keseluruhan penampilan kulit".

Ahli kosmetik asal Australia Laura Lynch mengatakan sarung bantal katun adalah salah satu penyebab terburuk pembentukan kerutan di wajah.

"Kapas tidak memungkinkan kulit untuk meluncur sehingga menangkap kulit, menariknya ke posisi dan tidak benar-benar memungkinkan kulit untuk bangkit kembali ke bentuk aslinya."

Jadi, kita harus tidur dengan apa? Sarung bantal yang mengandung tembaga direkomendasikan untuk mengurangi risiko kerutan tersebut.

Studi peptida tembaga (peptida adalah rantai pendek asam amino) telah menunjukkan bahwa mereka dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan dengan meningkatkan protein kolagen, menurut tinjauan penelitian.

Karena tembaga dapat diserap melalui kulit yang utuh, para peneliti dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology beralasan bahwa tidur di atas sarung bantal yang mengandung serat yang mengandung tembaga akan mengurangi kerutan kulit.

Studi tersebut dilakukan selama delapan minggu, buta ganda, paralel, acak dilakukan, di mana sukarelawan sehat, berusia 30-60, menggunakan sarung bantal yang mengandung tembaga oksida dan sarung bantal tanpa tembaga.

Kondisi kulit subjek dievaluasi pada awal (sebelum pengobatan) dan setelah empat dan delapan minggu tidur di sarung bantal.

Penggunaan sarung bantal yang mengandung tembaga oksida mengakibatkan penurunan yang signifikan dari keriput di area mata setelah empat minggu.

"Tidur di sarung bantal yang mengandung tembaga oksida menghasilkan pengurangan kedalaman kerutan dan perbaikan penampilan kulit secara keseluruhan," para peneliti menyimpulkan.

Perawatan lain untuk keriput

Ada banyak perawatan berbeda untuk keriput. Contohnya termasuk krim kulit, pengelupasan kimia, dermabrasi dan mikrodermabrasi, pelapisan ulang laser, suntikan pengisi kulit, dan toksin botulinum.

Selain itu, krim dan gel yang mengandung retinoid (suatu bentuk vitamin A) dapat memperbaiki garis-garis halus, membuat kulit lebih halus dan warna kulit lebih merata.

"Mereka melakukan ini dengan memperbaiki kerusakan sel-sel kulit dan mengencangkan kulit Anda, sehingga garis-garis halus kurang terlihat."

Sedangkan hemical peeling bertujuan untuk memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit wajah, membantu mengurangi garis dan kerutan halus.

Sumber : Bisnis.com