Cara Ini Ampuh Menghilangkan Rasa Kepedasan Setelah Makan Makanan Pedas

Ilustrasi makanan pedas - realfood.tesco.co
11 Oktober 2021 22:47 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Banyak orang suka makan makanan pedas. Selain karena kebiasaan orang Indonesia yang suka makanan pedas dan rempah-rempah yang mudah ditemui di Indonesia, makanan pedas juga diketahui dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.
 
Selain itu, makanan pedas memiliki banyak manfaat mulai dari membantu pencernaan, hingga dapat mengalihkan perhatian seseorang dari tekanan atau stres yang tengah dialaminya.
 
Meskipun makanan pedas dapat menggugah selera, makanan pedas dapat memicu sensasi terbakar di mulut hingga memicu sakit perut.
 
Mengutip Hello Sehat, Senin (11/10/2021), saat Anda menggigit cabai, capsaicin akan menempel di reseptor lidah sehingga memunculkan rasa pedas dan sensasi terbakar. Setelah itu, reseptor lidah membawa sinyal ke otak menandakan tubuh menyentuh sesuatu yang panas. Hal ini dapat membuat tubuh Anda berkeringat ketika kepedasan.
 
Untuk membantu Anda mengatasi rasa pedas dan sensasi terbakar, dr Desca Medika Hertanto, dokter spesialis penyakit dalam, melalui akun Instagramnya, Senin (11/10/2021), membagikan beberapa makanan yang dapat membantu menetralkan rasa pedas dan sensasi terbakar tersebut.

1. Susu

Susu adalah cara yang paling sering digunakan untuk mengatasi rasa pedas di mulut. Susu mengandung kasein dan ternyata dapat membantu menghancurkan capsaicin, penyebab mulut Anda kepedasan.
 
Namun, dr Desca meminta untuk berhati-hati, terutama bagi mereka yang memiliki alergi dan sensitif dengan susu. Karena, susu dapat membuat perut mereka bertambah nyeri.

2.  Air lemon

“Ternyata, molekul capsaicin bersifat basa, sehingga dapat dibuat seimbang dengan minuman yang asam dengan tujuan menetralisir,” kata dr Desca.
 
Minuman asam mungkin dapat menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki alergi terhadap susu. Tapi, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan terutama bagi mereka yang memiliki riwayat asam lambung karena dapat memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan nyeri.

3. Roti ataupun nasi

Roti dan nasi merupakan sumber karbohidrat dengan pati yang memberikan tekstur kasar di mulut. Reseptor lidah akan menangkap sinyal berbeda, mengecoh reseptor sehingga tidak lagi mendeteksi rasa pedas di lidah.
 
Juga, makanan bertepung dapat membantu menyerap sejumlah capsaicin dan mencegah senyawa ini masuk ke tubuh.
 
“Jadi, bisa Anda coba di rumah ya,” kata dr Desca.

Sumber : Bisnis.com