Ini Tips Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif - Istimewa
16 Oktober 2021 15:57 WIB Annasa Rizki Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kulit sensitif muncul karena berbagai faktor seperti masker wajah, perubahan iklim, faktor lingkungan dan gaya hidup seseorang yang tidak sehat. Orang yang memiliki kulit putih cenderung memiliki kulit yang mudah teriritasi.  

Pada kulit sensitif, sel-sel kulit tidak bisa menahan kelembapan. Hilangnya lebih banyak kelembaban dari kulit dapat dengan mudah membuatnya kering dan lebih reaktif terhadap produk.  

Berikut ini tips merawat wajah dengan tipe sensitif yang dilansir dari Pinkvilla (15/10/2021):

1. Gunakan pembersih wajah yang ringan tanpa bahan kimia. Pijat wajah dengan lembut, jangan berlebihan.  

Jangan eksfoliasi kulit terlalu sering. Gunakan hanya eksfoliator yang aman untuk kulit sensitif. Pengelupasan kulit yang berlebihan dapat mengganggu penghalang kulit hingga membuatnya lebih buruk.

Hindari mencuci muka dengan pembersih berbahan dasar sabun yang akan mengganggu skin barrier dan mengiritasi kulit sensitif.

2. Hindari pembersih yang mengandung bahan eksfoliasi 

Pembersih yang mengandung bahan eksfoliasi adalah asam alfa hidroksi, seperti asam glikolat, dan eksfoliator fisik, seperti scrub wajah yang dibuat dengan butiran.  

Gunakan toner bebas alkohol dan bahan kimia yang keras. Kandungan asam salisilat untuk kulit sensitif dapat menyebabkan sengatan ringan yang dapat dengan mudah mengiritasi kulit sensitif. Hal tersebut akan membuat kulit menjadi merah atau timbul jerawat.

Ganti seprai setidaknya 1 atau 2 minggu sekali. Kotoran di seprai dapat membuat iritasi pada kulit. Kulit sensitif Anda bersentuhan dengan make-up, keringat, kotoran, minyak kulit kepala, bakteri, dll setiap kali Anda berbaring di atasnya, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan flare-up.

3. Oleskan pelembab pada wajah agar kulit tidak terlalu kering. 

Gunakan tabir surya dengan SPF 30 yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Bahan-bahan mineral ini kurang mengiritasi dan kurang reaktif untuk jenis kulit sensitif. Hindari sunscreen dengan kandungan oxybenzone dan avobenzone.

4. Jangan mandi air panas lebih dari 10 menit. Hawa panas akan membuat kulit iritasi

Jika akan menggunakan retinol, konsultasikan dengan dokter agar kulit tidak semakin iritasi. Jangan menggunakan terlalu banyak produk skincare.

Gunakan pelembap biasa atau ringan yang tidak mengandung bahan aktif yang dirancang untuk mengobati jerawat atau yang memiliki tujuan anti-penuaan. Jangan gunakan lebih banyak produk dengan bahan serupa karena dapat membuat kulit sensitif, meradang, dan ruam.

Sumber : Bisnis.com