Ini Makanan yang Membantu Perkembangan Otak Anak

Bahan makanan yang kaya kandungan vitamin D - Istimewa
16 Oktober 2021 12:17 WIB Ithamar Yaomi DC Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Makanan yang tepat dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fungsi otak anak.

Otak, seperti bagian tubuh lainnya, menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan. Oleh karena itu, sangat penting bagi anak-anak untuk mengonsumsi makanan bergizi tinggi yang merupakan penguat otak.

Anak-anak sering pilih-pilih makanan dan karena ini mereka tidak memiliki sejumlah nutrisi penting yang ada dalam makanan yang mereka tolak.

Pastikan anak Anda setidaknya mengonsumsi makanan yang diberikan secara teratur, karena ini akan berdampak langsung pada perkembangan otaknya. Ahli gizi Vidhi Chawla menyarankan 6 makanan teratas yang dapat membantu perkembangan otak anak Anda.

1. Telur

Mengisi piring sarapan anak Anda dengan kombinasi karbohidrat, protein, dan sedikit lemak sehat akan membantunya tetap berenergi sepanjang hari.

Telur tinggi protein dan sebagai bonus tambahan mengandung kolin, yang membantu perkembangan memori.

2. Ikan berminyak

Ikan berminyak tinggi asam lemak omega-3 dan bermanfaat untuk perkembangan dan kesehatan otak. Asam lemak omega-3 adalah komponen penting dari blok bangunan sel.

Ikan seperti salmon, mackerel, tuna segar, trout, sarden, dan herring kaya akan asam lemak omega-3 dan sebaiknya dikonsumsi seminggu sekali.

3. Oat/oatmeal

Oatmeal dan oat adalah sumber energi dan "bahan bakar" yang sangat baik untuk otak. Mereka tinggi serat, yang membuat anak-anak puas dan mencegah mereka mengemil junk food.

Mereka juga tinggi vitamin E, B kompleks dan seng, yang membantu otak anak-anak berfungsi dengan baik. Gunakan topping apa saja, seperti apel, pisang, blueberry, atau bahkan almond di atasnya.

4. Sayuran berwarna-warni

Sayuran berwarna kaya akan antioksidan, yang mampu membantu menjaga sel-sel otak tetap sehat. Tomat, ubi jalar, labu, wortel, atau bayam adalah beberapa sayuran yang harus disertakan dalam menu makanan anak Anda.

Sangat mudah untuk memasukkan sayuran ke dalam saus atau sup spageti.

5. Susu, yoghurt, dan keju

Susu, yoghurt, dan keju kaya akan protein dan vitamin B, yang diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmiter, dan enzim, yang semuanya memainkan peran penting di otak. Makanan ini juga tinggi kalsium, yang diperlukan untuk perkembangan gigi dan tulang yang kuat dan sehat.

Kebutuhan kalsium anak-anak bervariasi tergantung pada usia mereka, tetapi dua hingga tiga sumber kaya kalsium harus dikonsumsi setiap hari. Jangan khawatir jika anak Anda tidak menyukai susu, ada cara lain untuk memasukkan susu ke dalam makanannya: Saat membuat bubur, puding, atau panekuk, gunakan susu sebagai pengganti air.

6. Kacang

Kacang adalah sumber protein dan vitamin dan mineral yang bagus untuk anak-anak Anda. Kacang merah dan kacang pinto mengandung Omega 3 lebih banyak daripada kacang lainnya.

Taburkan kacang campuran di atas salad, haluskan dan sebarkan di atas irisan roti, atau gabungkan dengan selada dan keju parut untuk membuat pengisi sandwich yang sempurna.

Sumber : JIBI/Bisnis.com