Viral di TikTok, Benarkah Minum Kopi dan Air Lemon Bisa Bikin Langsing?

Minuman kopi dan lemon yang diklaim bisa menurunkan berat badan - Freepik.com
17 Oktober 2021 17:17 WIB Feni Freycinetia Fitriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Baru-baru ini, video menyarankan minuman diet, yaitu kopi dicampur perasan air lemon viral di TikTok. Benarkah campuran kopi dan perasan air lemon bisa bikin langsing?

Dilansir dari Times of India, salah satu pengguna TikTok mengatakan minum kopi dengan air lemon membantu membakar lemak lebih cepat.

Selain itu, kombinasi minuman kopi dan lemon juga dipercaya dapat meredakan sakit kepala dan diare. Namun, benarkah klaim tersebut?

Simak fakta-fakta di balik khasiat kopi dan air lemon untuk penurunan berat badan seperti dilansir dari Times of India, Minggu (17/10/2021).

1. Manfaat Kopi dan Lemon

Kopi dan lemon merupakan dua bahan makanan yang biasa ditemukan di dapur. Kopi dan lemon sangat bergizi dan memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Bahkan dalam hal penurunan berat badan, baik kopi maupun lemon dipercaya bermanfaat.

Kopi yang merupakan salah satu minuman mengandung yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. Kopi dipercaya dapat mempercepat metabolisme, merangsang sistem saraf pusat serta meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan mood.

Sementara itu, lemon diklaim meningkatkan rasa kenyang, meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi jumlah asupan kalori harian. Lemon juga merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

2. Kopi dan Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan?

Memang benar bahwa lemon dan kopi sama-sama sehat. Namun, keduanya tidak dapat membantu Anda membakar lemak dan membuat celana jins lama Anda muat lagi.

Menambahkan lemon ke dalam kopi dapat mengurangi nafsu makan dan mempercepat metabolisme, tetapi membakar lemak tampaknya agak sulit. Pasalnya, membakar lemak bukanlah hal mudah yang dapat dicapai hanya dengan minum campuran air lemon dan kopi.

Tubuh kita mengalami beberapa perubahan ketika kita menurunkan berat badan secara efisien. Anda tidur nyenyak di malam hari, kemungkinan terkena penyakit lain berkurang, suasana hati membaik dan Anda merasa lebih bugar.

3. Redakan Sakit Kepala dan Lancarkan Pencernaan

Kopi lemon juga dipercaya dapat meredakan sakit kepala dan juga meningkatkan pencernaan. Namun, ada banyak penelitian yang bertentangan tentang masalah ini.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein memang memiliki efek vasokonstriktor (mengencangkan pembuluh darah Anda) yang meredakan sakit kepala. Sementara itu, peneliti lain berpendapat bahwa asupan kafein yang berlebihan dapat menjadi penyebab sakit kepala.

Bahkan dalam kasus diare, tidak ada penelitian yang jelas yang dapat menyoroti bagaimana minuman tersebut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Saat menderita diare, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan padat untuk membuat tinja menjadi lebih banyak. Minum kopi lemon bukanlah ide yang baik.

Karena kurangnya bukti, klaim manfaat minum kopi lemon tidak dapat diverifikasi. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan di area ini.

4. Cara Bikin Kopi dan Lemon 

Mengacu pada penjelasan di atas, nampaknya tidak banyak manfaat dari campuran kopi dan jus lemon untuk diet. Jika Anda masih ingin mencobanya, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan dalam menyiapkan secangkir kopi lemon Anda.

Pertama, Anda cukup menambahkan perasan air lemon ke kopi hitam, bukan ke kopi susu. Untuk menyeimbangkan rasa sitrat, tambahkan sedikit garam ke dalamnya, tetapi hindari gula dengan cara apa pun.

Cobalah untuk tidak minum lebih dari satu cangkir kopi lemon dalam sehari. Selain minum kopi dan lemon, Anda perlu mengikuti diet pola makan dan olahraga rutin untuk menurunkan berat badan. 

Sumber : Bisnis.com