5 Gejala Awal Serangan Jantung Ini Patut Diwaspadai

Ilustrasi serangan jantung
17 Oktober 2021 22:37 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyakit jantung dapat menyebabkan serangan jantung yang fatal.

Serangan jantung adalah keadaan darurat medis yang serius. Mereka sering disebabkan oleh penyakit jantung atau pembekuan darah yang menghentikan aliran normal darah ke jantung Anda. Gejala awal penyakit jantung tidak boleh diabaikan dan ada lima gejala utama yang harus diwaspadai.

Penting untuk bertindak cepat jika Anda mengalami tanda-tanda peringatan serangan jantung.

Meskipun beberapa serangan tiba-tiba dan intens, sebagian besar mulai perlahan dengan korban mengalami rasa sakit ringan atau ketidaknyamanan pada awalnya.

Berikut 5 gejala yang biasanya muncul sebelum adanya serangan jantung dilansir dari Express :

1. Ketidaknyamanan dada

Sebagian besar orang mengabaikan nyeri dada ringan, tetapi penting untuk memeriksakannya karena dapat mengarah pada penyakit jantung atau serangan jantung di masa depan.

Tanda peringatan dini yang umum dari serangan jantung adalah ketidaknyamanan di bagian tengah dada Anda yang berlangsung selama lebih dari beberapa menit.

Anda mungkin merasakan rasa penuh, nyeri, tekanan, atau tekanan di bagian tengah dada Anda.

Rasa sakit atau ketidaknyamanan ini bisa hilang dan kemudian kembali.

Tidak semua penderita serangan jantung mengalami nyeri dada yang parah, banyak orang Inggris mengabaikan tanda-tanda peringatan dini untuk penyakit lain seperti gangguan pencernaan.

Tetapi penting untuk menghubungi dokter jika Anda mengalami nyeri dada apa pun, tidak peduli seberapa ringannya karena itu adalah gejala paling umum dari serangan yang akan segera terjadi.

2. Nyeri di bagian lain dari tubuh Anda

Tanda-tanda peringatan dini dapat mencakup rasa sakit atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan (biasanya lengan kiri dipengaruhi oleh jika dapat mempengaruhi kedua lengan), punggung, leher, rahang atau perut.

Ini bisa terasa seolah-olah rasa sakit itu menjalar dari dada Anda ke bagian lain dari tubuh Anda.

3. Merasa pusingĀ 

Beberapa korban serangan jantung merasa pusing atau pusing menjelang serangan mereka

Orang lain dapat merasakan kecemasan yang luar biasa seperti mengalami serangan panik.

Gejala tersebut tidak boleh diabaikan terutama jika Anda merasakan sakit atau ketidaknyamanan di dada Anda.

4. Gejala yang kurang umum

Beberapa gejala mungkin tidak mengarah pada serangan jantung jika dialami sendiri, tetapi jika dirasakan bersamaan dengan tanda peringatan lainnya, gejala tersebut harus ditanggapi dengan sangat serius.

Ini termasuk; merasa sakit (mual) atau sedang sakit (muntah), batuk atau mengi.

5. Sesak napas

Sesak napas mungkin bukan hal yang perlu dikhawatirkan.

Tapi itu bisa menjadi tanda awal serangan jantung atau Anda mengalami masalah dengan paru-paru atau saluran napas dan harus mencari bantuan medis.

NHS merekomendasikan Anda untuk menelepon 999 jika Anda mengalami sesak napas yang dikombinasikan dengan gejala lain seperti jika Anda merasa sakit atau jika dada Anda terasa sesak atau berat.

"Ini adalah kombinasi gejala yang penting dalam menentukan apakah seseorang mengalami serangan jantung dan bukan keparahan nyeri dada. Jika Anda mencurigai gejala serangan jantung, segera hubungi RS dan minta ambulans," jelas mereka.

Sumber : Bisnis.com