Ini 5 Buah yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Semangka - JIBI/Bisnis.com
18 Oktober 2021 21:47 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Buah dan penurunan berat badan bisa berjalan beriringan. Ini karena semua buah mengandung serat.

Menurut beberapa penelitian, termasuk tinjauan Februari 2020 dan meta-analisis dari uji coba terkontrol secara acak di The American Journal of Clinical Nutrition, serat  menambah jumlah makanan Anda tanpa menambahkan banyak kalori.
 
Menurut Live Strong, Senin (18/10/2021), berikut beberapa buah yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Apel

Apel rendah kalori dan rendah lemak. Sebuah apel yang berukuran sedang memiliki sekitar 5 gram serat, menjadikannya camilan yang baik untuk menurunkan berat badan.
 
Sebuah studi pada April 2009 di Appetite menemukan bahwa jika Anda makan apel sekitar 15 menit sebelum makan, Anda mungkin makan lebih sedikit kalori selama makan, bahkan jika Anda memperhitungkan kalori dalam apel. Itu sebabnya beberapa orang percaya waktu terbaik untuk makan buah untuk menurunkan berat badan adalah tepat sebelum makan.

2. Semangka

Lebih dari 90 persen buah semangka adalah air, menurut USDA. Ini tidak hanya membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan Anda untuk hari itu, tetapi juga dapat membantu mengelola berat badan Anda dengan membuat Anda merasa kenyang.
 
Sebuah studi kecil Maret 2019 di Nutrisi menguji teori ini. Tiga puluh tiga orang dewasa dengan kelebihan berat badan dan obesitas makan camilan harian dengan jumlah kalori yang sama: dua cangkir semangka segar atau kue rendah lemak.
 
Setelah empat minggu, kelompok semangka kehilangan berat badan secara signifikan, menurunkan lingkar pinggang dan merasa lebih kenyang setelah makan dibandingkan dengan kelompok kue.

3. Berry

Semua buah berry, seperti bluberi dan stroberi, baik untuk menurunkan berat badan. Buah-buahan bergizi ini tinggi antioksidan dan nutrisi lainnya, namun rendah dalam ‘kepadatan energi’, atau kalori terkonsentrasi.

4. Mangga

Dengan 100 kalori per cangkir, mangga memiliki lebih banyak kalori daripada banyak buah lainnya. Namun bukan berarti mangga menggemukkan. Selama Anda memperhatikan ukuran porsi Anda, Anda bisa makan mangga untuk menurunkan berat badan.
 
Salah satunya, buah tropis ini memiliki 0,6 kalori per gram, sehingga kepadatan energinya sangat rendah. Makanan dengan kepadatan energi yang lebih rendah dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena Anda dapat mengisi lebih sedikit kalori daripada jika Anda makan makanan dengan kepadatan energi yang lebih tinggi. Juga, pertimbangkan kandungan serat mangga: hampir 3 gram per cangkir.

5. Jeruk

Manfaat buah jeruk termasuk vitamin C, serat dan jumlah air yang tinggi, hal lain yang dapat meningkatkan perasaan kenyang. Ditambah lagi, kebanyakan jeruk cukup rendah kalori. Misalnya, jeruk Valencia memiliki sekitar 60 kalori, dan clementine (Cutie) memiliki sekitar 45 kalori.
 
Jadi, meskipun tidak ada yang ajaib tentang jeruk dan penurunan berat badan, makan jeruk untuk menurunkan berat badan (atau lemon atau jeruk bali atau limau) bukanlah ide yang buruk, selama Anda mengingat asupan kalori total Anda.

Sumber : JIBI/Bisnis.com