Bila Mengalami 4 Tanda Utama Serangan Jantung Berikut Ini, Segera Cari Bantuan!

Ilustrasi sakit dada - istimewa
19 Oktober 2021 22:57 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA –Ketika gumpalan darah menghalangi aliran darah ke jantung, ini dapat menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung. Ini merupakan keadaan darurat medis sehingga perlu dirawat di rumah sakit secepat mungkin agar mendapatkan penanganan yang tepat.
 
Ada beberapa pemicu yang menyebabkan seseorang berisiko mengalami serangan jantung.
 
Mengutip Halodoc, beberapa diantara seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol, sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, mengidap penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi, memiliki  riwayat keluarga dengan serangan jantung, kurang berolahraga atau aktivitas fisik, hingga memiliki tingkat stres yang tinggi.
 
Mayo Clinic mengatakan bahwa beberapa serangan jantung menyerang secara tiba-tiba, tetapi mereka mencatat bahwa banyak orang memiliki tanda dan gejala peringatan berjam-jam, berhari-hari atau berminggu-minggu sebelumnya.
 
Melansir Express, Selasa (19/10/2021), berikut  tanda-tanda utama yang harus diperhatikan, menurut National Heart Lung and Blood Institute (NHLBI).

1. Nyeri atau ketidaknyamanan pada bagian dada. Sebagian besar serangan jantung melibatkan ketidaknyamanan di bagian tengah atau kiri dada. Ketidaknyamanan biasanya berlangsung selama lebih dari beberapa menit atau hilang dan kembali. Itu bisa terasa seperti tekanan, remasan, sesak, atau rasa sakit. Itu juga bisa terasa seperti mulas atau gangguan pencernaan. Perasaan itu bisa ringan atau parah.
 
2. Selain dada, Anda merasa tidak nyaman pada tubuh bagian atas. Ini bisa berupa ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan, punggung, bahu, leher, rahang, atau bagian atas perut.

3. Sesak napas mungkin terjadi sebelum atau bersama dengan nyeri dada atau tidaknyaman pada bagian dada. Ini dapat terjadi saat Anda sedang beristirahat atau melakukan sedikit aktivitas fisik.
 
4. Gejala lain termasuk berkeringat dingin, merasa sangat lelah tanpa alasan, kadang-kadang selama berhari-hari, dan mual. Tanda-tanda lain yang mungkin termasuk muntah, pusing atau pusing mendadak, dan gejala baru yang tiba-tiba atau perubahan pola gejala yang sudah Anda miliki.
 
Apabila Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, segera hubungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Dalam beberapa kasus, NHS mengatakan, mungkin tidak ada nyeri dada sama sekali, terutama pada wanita, orang tua dan orang yang menderita diabetes. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan tanda-tanda lain dari serangan jantung. 

Sumber : Bisnis.com