Halo Anak Muda, Ayo Cegah Osteoporosis dengan 5 Tips Ini..

Pengeroposan tulang (osteoporosis) - Istimewa
20 Oktober 2021 14:07 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Osteoporosis merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan berkurangnya massa tulang dan kerusakan mikroarsitektur tulang menjadi rapuh. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadi patah tulang.
 
Orang lanjut usia, wanita terutama setelah menopause, dan mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan Osteoporosis sangat berisiko mengalami Osteoporosis. Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan, kebiasaan merokok, konsumsi minuman bersoda yang berlebihan, hingga konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat memicu kondisi ini.
 
Penyakit ini sering kali dijuluki ‘pencuri diam-diam’ karena Osteoporosis  tidak memiliki gejala apapun, hingga suatu saat penderita tiba-tiba mengalami patah tulang.
 
Karena tidak menunjukkan gejala apapun, melakukan pencegahan dini merupakan hal yang penting untuk menghindari terjadinya patah tulang akibat Osteoporosis.
 
Kendall F. Moseley, M.D., ahli endokrinologi dan Osteoporosis di Johns Hopkins Metabolic Bone Center, membagikan beberapa tips untuk menjaga tulang Anda tetap sehat dan kuat, seperti dilansir dari Johns Hopkins Medicine, Rabu (20/10/2021).
 
1.  Dapatkan kalsium yang tepat

Kalsium berperan penting dalam pembentukan kekuatan tulang. Dalam hal kalsium, lebih banyak selalu lebih baik. Rekomendasi asupan kalsium adalah 1000 mg untuk wanita berusia 50 tahun atau lebih muda, dan 1200 mg untuk wanita berusia 51 tahun ke atas.
 
2.  Jangan lupa vitamin D

Vitamin D membantu tubuh Anda menyerap kalsium dan menggunakannya untuk memperkuat tulang Anda. Ketika kulit Anda terkena sinar matahari, hati dan ginjal Anda bertanggung jawab untuk membuat vitamin D.
 
Namun, kebanyakan dari kita tidak dapat hanya mengandalkan matahari untuk mendapatkan dosis harian karena berbagai alasan, seperti kehidupan di dalam ruangan, tabir surya, warna kulit, perubahan musim, dll.
 
Karena itu, pastikan untuk memenuhi asupan vitamin D Anda dengan rekomendasi asupan vitamin D berikut: 600 IU vitamin D per hari jika Anda berusia 70 tahun atau lebih muda dan 800 IU jika Anda berusia 71 tahun ke atas.
 
3. Penuhi asupan protein Anda

Protein bisa Anda jumpai di  setiap sel dalam tubuh Anda, termasuk tulang Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan protein meningkatkan kepadatan mineral tulang. Asupan protein harian yang direkomendasikan adalah 0,4 gram per pon berat badan. Protein bisa Anda temukan pada sumber makanan hewani atau non hewani.
 
4. Olahraga

Selain  baik untuk kebugaran, olahraga juga bagus untuk kesehatan tulang. Ini karena olahraga membantu merangsang sel-sel yang bertanggung jawab untuk membangun tulang. Namun, olahraga yang dilakukan tidak sembarangan. Untuk meningkatkan kesehatan tulang, Anda dapat mencoba melakukan latihan beban dan ketahanan 3 atau 4 hari seminggu.
 
5  Membangun kebiasaan hidup sehat

Tahukah Anda, pilihan yang Anda buat sejak dini dapat memengaruhi kesehatan tulang Anda di masa depan? Maka dari itu, untuk melindungi tulang Anda, pertimbangkan untuk melakukan penyesuaian pada gaya hidup Anda seperti, berhenti merokok, membatasi konsumsi alkohol, mempertahankan berat badan yang sehat, makan makanan yang seimbang, serta tetap aktif bergerak.

Sumber : bisnis.com