Advertisement

5 Kebiasaan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ni Luh Anggela
Kamis, 21 Oktober 2021 - 13:47 WIB
Sunartono
5 Kebiasaan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi Makanan untuk vegetarian - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ini membantu tubuh Anda memproduksi sejumlah hormon, vitamin D, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Kolesterol dalam kadar yang sesuai sangat bermanfaat bagi tubuh, namun jika kadarnya terlalu tinggi ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan.
 
Kolesterol tinggi yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti, penyakit jantung, stroke dan kematian dini. Untuk menjaga kadar Kolesterol Anda tetap normal,salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perubahan pada kebiasaan diet Anda.
 
Melansir Eat This, Kamis (21/10/2021), berikut beberapa kebiasaan yang direkomendasikan ahli diet jika Anda ingin menurunkan kadar Kolesterol Anda.

1. Awali hari dengan oatmeal

Beta-glukan adalah serat larut yang ditemukan dalam oatmeal yang membantu menurunkan kolesterol LDL dan dapat membuat Anda merasa kenyang. Jika Anda ingin memulai setiap hari dengan kaki yang lebih sehat, cobalah menjadikan oatmeal sebagai bagian dari rutinitas sarapan Anda.

Advertisement

2. Tingkatkan asupan lemak tak jenuh

Sementara lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda, menambahkan beberapa lemak tak jenuh ke dalam makanan Anda mungkin memiliki efek sebaliknya.
 
Kristen Fleming, MS, RD, CNSC, konsultan untuk BetterMe, mengatakan, lemak tak jenuh sebenarnya bermanfaat karena menurunkan kolesterol dan tekanan darah secara keseluruhan sambil tetap memberikan energi bagi tubuh Anda.
 
Dia mencatat bahwa ikan yang kaya omega-3, seperti salmon, mackerel, dan tuna; kacang-kacangan seperti almond, kacang Brazil, dan kenari; dan minyak nabati, termasuk minyak bunga matahari, zaitun, jagung, dan kenari, semuanya merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik.

3. Tingkatkan asupan serat Anda

Serat adalah cara yang bagus untuk membantu menurunkan kadar kolesterol Anda dengan cepat.
 
Serat dalam biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran dikenal untuk membantu mengurangi kolesterol dan harus menjadi bagian dari diet Anda yang bervariasi.
 
Serat larut sangat kuat karena memiliki kemampuan untuk menyerap kolesterol ke dalam aliran darah Anda, secara khusus dapat mengikat kolesterol di usus dan mencegah penyerapannya.

4. Perbanyak asupan  sumber protein vegetarian

Jika Anda biasanya makan makanan yang banyak daging, menambahkan beberapa hidangan vegetarian atau vegan ke dalam rencana makan Anda dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol Anda dengan cepat.
 
Gaya hidup vegetarian tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga membantu menurunkan kolesterol LDL Anda. Dengan demikian, risiko masalah jantung seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dapat dikurangi secara signifikan.

5. Coba masukkan puasa intermiten ke dalam rutinitas Anda

Penelitian awal menunjukkan bahwa puasa intermiten mungkin merupakan strategi untuk menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL baik, mengutip sebuah studi 2018 yang diterbitkan di Clinical Nutrition ESPEN.
 
Jika Anda berpikir untuk memasukkan puasa ke dalam rutinitas Anda, Dawn Jackson Blatner, RDN, CSSD, mencatat bahwa periode puasa 16-8, di mana Anda makan selama delapan jam dan hanya minum air selama 16 jam, adalah metode yang populer dan berkelanjutan bagi banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement