Ini 10 Obat Alami untuk Atasi Sakit Perut

Ilustrasi - blodsky
23 Oktober 2021 22:37 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Sakit perut bisa terjadi kapan saja sehingga penting untuk memiliki satu atau dua obat untuk mengatasi perut kembung, gangguan pencernaan dan mual yang tidak terhindarkan.

Meskipun banyak obat-obatan yang dijual bebas untuk meredakan ketidaknyamanan perut, ada baiknya untuk menggunakan obat alami yang tentunya mudah Anda temukan.
 
Dari teh yang menenangkan hingga jahe anti mual, berikut 10 obat alami yang dapat membantu pencernaan dan menenangkan perut Anda, menurut laporan The Thirty, Jumat (22/10/2021).

1. Teh

Anda terlalu banyak makan? Farah Fahad, MS, RD, mengatakan menyeruput Teh peppermint membantu pencernaan dengan menenangkan otot-otot perut, sehingga memproses makanan lebih cepat melalui perut.
 
Teh lain yang mungkin bisa membantu meringankan sakit perut Anda adalah chamomile. Seperti Teh peppermint, Teh chamomile melemaskan otot. Teh chamomile menargetkan otot-otot usus, kata Fahad, yang membantu meredakan gas sambil kemudian mengurangi rasa sakit yang terkait dengan perut kembung.

2. Pisang

Pisang merupakan salah satu makanan yang lebih mudah dicerna saat Anda mengalami sakit perut. Pisang juga baik untuk mereka yang mengalami diare karena pisang adalah sumber pektin yang baik, yang dapat membantu mengikat tinja.

3. Pepaya

Pepaya merupakan sumber yang kaya akan enzim proteolitik. Beberapa enzim seperti papain dan chymopapain, membantu memecah protein dan menenangkan perut dengan mempromosikan lingkungan asam yang sehat.

4.  Jahe

Jika sakit perut Anda berubah menjadi mual, Fahad menyarankan untuk mengambil Jahe segar. Fahad mengatakan beberapa bukti menunjukkan bahwa Jahe menghambat reseptor serotonin dan memberikan efek anti-mual pada sistem pencernaan, serta sistem saraf pusat.

5. Kentang

Stephanie Vuolo, terapis nutrisi bersertifikat dan pencipta Primarily Paleo, erpendapat bahwa sumber karbohidrat yang lambat terbakar namun masih hambar seperti ubi jalar, kentang atau labu bisa menjadi makanan strategis untuk mengatasi sakit perut.
 
Sayuran akar yang lezat seperti ini dapat dikukus, direbus, atau dipanggang untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan lembek tetapi tetap mengandung vitamin dan mineral yang diinginkan tubuh Anda.

6. Mint

Mint adalah obat alami yang bagus untuk gangguan pencernaan serta perut kembung. Namun, jika Anda mengalami refluks asam, Isabel Smith, MS, RD, CDN menyarankan untuk menghindari mint.

7. Yoghurt

Meskipun tidak semua orang bisa mentolerir produk susu, bagi mereka yang bisa, Fahad merekomendasikan makan yogurt organik, karena membantu pencernaan dengan memulihkan bakteri baik di usus, sehingga mengurangi rasa tidak nyaman akibat perut kembung.

8. Telur

Meningkatkan protein yang sehat dapat membantu mengurangi sakit perut. Telur adalah penawar yang sempurna, dan Vuolo menyarankan sebaiknya telur di orak-arik. Ditambah lagi, telur lebih rendah lemak daripada steak atau makanan laut berlemak, yang pada akhirnya akan lebih mudah untuk perut yang sensitif.

9. Oat bebas gluten

Semangkuk oatmeal bebas gluten adalah obat yang sempurna untuk sakit perut. Oat tidak hanya merupakan sumber serat yang baik, tetapi Smith mengatakan mereka juga membantu pencernaan sambil membantu mengikat tinja.

10. Ayam

Sama seperti telur, ayam tanpa kulit, minyak dan pelengkap tambahan, bisa menjadi cara yang bagus  untuk memastikan Anda tetap mendapatkan protein dan nutrisi bahkan ketika Anda mengalami sakit perut yang mengganggu, baik itu kram, mual , atau gas.
 
Vuolo merekomendasikan untuk merebus atau memanggang potongan ayam tanpa lemak untuk hasil yang optimal.


 

Sumber : JIBI/Bisnis.com