Ini Resep Kopi yang Cepat Turunkan Berat Badan

Minuman kopi dan lemon yang diklaim bisa menurunkan berat badan - Freepik.com
23 Oktober 2021 15:17 WIB Dinda Aulia Ramadhanty Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kafein dengan porsi yang tepat bisa menurunkan berat badan. Minum kopi sebaiknya dilakukan usai  olahraga, untuk mempercepat proses metabolisme.

Menurut laporan Times Of India, Jumat (22/10/2021), ada beragam cara minum kopi yang menyenangkan dan cepat menurunkan berat badan.

  1. Kopi Cinnamon (kayu manis)

Pada resep pertama ini, menambahkan sejumput kayu manis ke dalam secangkir kopi hitam atau minuman espresso, yang dapat membantu meningkatkan hasil bagi kesehatan minuman tersebut. 

Dengan penggabungan antara kafein dan antioksidan dalam kayu manis dapat membantu meningkatkan proses penurunan berat badan dengan meningkatkan tingkat metabolisme. 

Untuk membuat minuman sederhana di resep ini, cukup dengan seduh kopi hitam dan tambahkan satu sendok teh kayu manis dan madu. 

  1. Kopi Lemon

Resep kedua ini yaitu menambahkan jus lemon ke kopi yang dapat membantu dalam manajemen berat badan yang efektif. Campuran kafein, asam sitrat, dan vitamin C dalam kopi lemon membantu meningkatkan metabolisme dan mengaktifkan hormon pembakar lemak, yang selanjutnya membantu menghilangkan lemak. 

Tak hanya itu, minuman ini juga berkhasiat membantu membuang racun dari tubuh dan membantu mempercepat laju metabolisme.  Terakhir, kehadiran vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh. 

  1. Bullett Coffee

Yaitu penggabungan antara kopi, minyak dan mentega. Terlihat mirip dengan latte, tetapi kopi krim ini dibuat dengan minyak trigliserida rantai menengah (MCT), mentega tawar atau mentega non-susu yang dicampur dengan French press yang diseduh. 

Selanjutnya, blender bersama-sama sampai menjadi krim. Kopi ini mampu meningkatkan metabolisme, rasa kenyang, fokus, dan menurunan berat badan. 

Untuk membuat Bullet Coffee sederhana, hanya memerlukan 1 cangkir French press panas, 1 sendok makan mentega, ghee, minyak kelapa, lalu tambahkan sejumput garam laut, dan aduk rata. 

  1. Kopi Hitam 

Secangkir kopi hitam sederhana mampu untuk meningkatkan metabolisme karena kehadiran kafein dalam kopi yang membantu meningkatkan energi.  

Selain itu, asam klorogenat dalam kopi membantu mempercepat proses pembakaran lemak. Langkahnya pun termasuk mudah karena hanya dengan rebus air, lalu tambahkan 1 sendok teh kopi, biarkan hingga tercampur.

Menambahkan sejumput pala akan menonjolkan aroma dan efektivitas minuman. Resep kopi hitam ini juga akan membantu dalam meningkatkan kekebalan secara keseluruhan dan meningkatkan metabolisme. 

  1. Kopi Dark Chocolate

Perlu diketahui sebelumnya bahwa cokelat hitam memiliki antioksidan dan MUFA (asam lemak tak jenuh tunggal), yang bekerja sangat baik bila dikombinasikan dengan minuman kopi dengan kandungan tinggi kafein.  

Jenis minuman kopi ini membantu dalam meningkatkan metabolisme, memberikan rasa kenyang, meningkatkan penurunan berat badan dan membantu dalam meningkatkan kewaspadaan. Tak hanya itu, kopi ini juga membantu menekan nafsu makan dan mengurangi tingkat Ghrelin, yaitu hormon untuk merangsang rasa lapar.

Sumber : JIBI/Bisnis.com