Advertisement

Begini Cara Menyimpan Kopi Tergantung Jenisnya

Ni Luh Anggela
Selasa, 26 Oktober 2021 - 07:27 WIB
Budi Cahyana
Begini Cara Menyimpan Kopi Tergantung Jenisnya Kopi - Arah Kopi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kopi adalah minuman paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Beberapa orang bahkan selalu mengawali harinya dengan menyeduh kopi karena manfaatnya yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.
 
Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menyimpan semua jenis kopi, yang tentunya didukung oleh bukti dan panduan dari situs web merek kopi.
 
Melansir Healthline, Senin (25/10/2021), jika disimpan dengan benar, biji kopi utuh bahkan kopi bubuk bisa bertahan lama. Karena kopinya kering, varietas yang Anda beli untuk digunakan di rumah kemungkinan tidak akan mengembangkan jamur atau bentuk kerusakan lain yang berasal dari kelembaban.
 
Namun, umur simpan kopi bervariasi menurut metode persiapannya.
 
Secara umum, kopi yang belum diseduh lebih tahan lama dibandingkan kopi yang diseduh. Tempat Anda menyimpan kopi, baik di konter atau di dapur, lemari es, atau freezer  juga membuat perbedaan.
 
Jika kopi tidak disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara, kesegaran dan rasanya bisa mulai menurun. Suhu dingin di lemari es atau freezer dapat memengaruhi rasa kopi kering, tetapi juga dapat mengawetkan kopi untuk waktu yang lebih lama.

1. Biji kopi utuh

Biji kopi panggang yang belum dibuka akan tetap segar sampai tanggal terbaiknya. Sementara itu, biji yang sudah dibuka disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu kamar. Menjauhkan biji kopi dari panas dan cahaya akan membuatnya tetap segar selama 1 hingga 3 minggu.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

2. Kopi giling

Mirip dengan biji kopi, paket kopi bubuk yang belum dibuka akan tetap segar sampai tanggal terbaik dari produsen.
 
Kopi yang sudah dibuka atau baru digiling harus disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu kamar. Pastikan agar jauh dari panas, cahaya, dan kelembaban. Untuk kesegaran maksimal, konsumsi dalam 1 hingga 2 minggu.

3. Brewed hot coffee dan espresso

Brewed hot coffee dan espresso terasa paling enak saat dikonsumsi sesaat setelah diseduh. Dalam beberapa jam, rasa akan mulai menurun. Anda dapat menyimpan kopi yang diseduh di lemari es dalam wadah tertutup selama beberapa hari, tetapi rasanya tidak akan enak seiring waktu.

4. Cold brew

Konsentrat minuman dingin bertahan 7 hingga 10 hari dalam wadah tertutup di lemari es. Minuman dingin yang sudah dicampur dengan air tetap segar selama sekitar 3 hingga 4 hari, kecuali jika mengandung susu atau krimer  bila disimpan dengan cara yang sama.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Cerita Pelajar Gunungkidul Terseret Banjir, 1,5 Jam Berpegangan di Pohon Kayu Putih

Gunungkidul
| Rabu, 30 November 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Luhut Ingin Gilas Oknum yang Hambat Investasi Masuk Indonesia

News
| Rabu, 30 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement