Ladies...Ini Fungsi Toner Wajah dan Pakai Urutan Skincare

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan perawatan wajah atau skincare saat pagi dan malam hari. Tahap awal yang dilakukan adalah mengaplikasikakn toner wajah sebelum memakai pelembab - Freepik.com
26 Oktober 2021 21:27 WIB Annasa Rizki Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Toner merupakan bagian dari rutinitas skincare yang paling dasar dan tidak boleh melewatkannya. Toner Wajah memiliki fungsi sebagai deep cleanser, menyeimbangkan kelembapan kulit, pH, dan membantu kulit menyerap produk lebih baik. 

Toner wajah dapat digunakan untuk menghilangkan sisa riasan yang terlewatkan oleh pembersih wajah biasa.

Nilai tambah dari toner adalah dapat menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk pada siang atau malam hari.

Toner juga bekerja dalam memulihkan kulit karena mengandung nutrisi sehingga membuat kulit lebih lembut, halus, dan mengatasi kemerahan. 

Kapan Waktu yang Tepat Memakai Toner Wajah?

Anda dapat menggunakan toner pada pagi dan malam hari, tergantung dari kondisi kulit. Melansir dari Healthline, toner sebaiknya diaplikasikan pagi hari untuk menghilangkan kotoran sisa istirahat malam dan produk skincare. 

Bagi orang dengan kulit berminyak, penggunaan toner mungkin akan lebih sering untuk membantu mengurangi minyak dan jerawat. Hal yang diingat adalah gunakan toner setelah membersihkan muka dengan sabun cuci wajah agak hasil lebih maksimal.

Pengaplikasian toner dapat menggunakan kapas maupun langsung dengan tangan. 

Setelah itu, rangkaian skincare dapat diaplikasikan seperti pelembap, tabir surya, maupun serum. Tuang toner pada kapas secara merata (tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering), lalu usapkan ke wajah Anda. Usap dari atas ke bawah dan hindari area sensitif seperti mata. 

Jika Anda ingin langsung menggunakan tangan, tuang beberapa tetes toner ke telapak tangan dan tepuk perlahan ke wajah.

Tips Memilih Toner yang Tepat

Ada tiga jenis utama toner yang tersedia di pasaran saat ini, yaitu berbasis alkohol, gliserin, dan air. Wajah yang sensitif lebih baik memilih toner dengan bahan dasar air tanpa alkohol, pewangi, atau witch hazel untuk mengurangi risiko iritasi. 

  1. Kulit Berminyak 

Semua toner dapat membantu memerangi minyak berlebih. Namun untuk hasil yang maksimal, cobalah mattifying toner yang mengandung salicylic dan glycolic acid untuk exfoliasi.

Niacinamide adalah bahan yang baik untuk dicoba jika Anda ingin mengecilkan pori-pori. Selain itu, pilihlah dengan kandungan antioksidan dan ekstrak tumbuhan untuk mengurangi sifat berminyak dan membuat kulit lebih bersih dan halus.

  1. Kulit Berjerawat

Jika Anda memiliki noda atau berjerawat parah, carilah formula yang ringan dan lembut. Hindari toner berbasis alcohol, pilihlah dengan kandungan alpha hydroxy acid untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

  1. Kulit Kering 

Pilih toner yang mengandung humektan. Humektan adalah bahan yang ditemukan dalam lotion dan pembersih yang menghidrasi kulit dengan menarik molekul air seperti magnet. Penggunaan alkohol akan membuat kulit semakin kering. Sebagai gantinya, cari bahan yang menenangkan dan melembapkan seperti asam hialuronat, vitamin E, dan gliserin.

  1. Kombinasi 

Kulit kombinasi membutuhkan perhatian ekstra. Pemilihan toner harus dengan formula menghilangkan minyak berlebih sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi. Pilih produk dengan kandungan antioksidan dan gentle acid seperti hialuronat, salisilat, dan asam laktat.

  1. Kulit Dengan Kerusakan Akibat Sinar Matahari dan Penuaan 

Antioksidan adalah bahan utama untuk memerangi tanda-tanda penuaan. Vitamin C dan E tidak hanya melindungi kulit dari kerusakan lingkungan, tetapi juga dapat bekerja untuk memperbaiki beberapa kerusakan akibat sinar matahari.

Produk dengan kandungan asam hialuronat juga penting untuk tampilan terhidrasi, sementara asam glikolat dapat mengelupas dan mendorong produksi kolagen.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jika Anda memiliki kondisi kulit yang mudah teriritasi, seperti rosacea, konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan toner.

Sumber : Bisnis.com