Advertisement

Begini Cara Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik

Yanita Petriella
Minggu, 31 Oktober 2021 - 23:37 WIB
Budi Cahyana
Begini Cara Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjofgja.com, JAKARTAPandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir dapat memengaruhi kualitas tidur manusia. Coronasomnia adalah istilah baru yang keluarkan para ahli untuk menggambarkan gangguan sulit tidur seseorang atau insomnia di masa pandemi ini.

Coronasomnia ditandai dengan peningkatan gangguan tidur selama pandemi, serta gejala kecemasan, depresi dan stres. Beberapa penyebab coronasomnia antara lain kondisi ekonomi buruk, stres emosional, jauh dari keluarga, dan ketakutan kehilang pekerjaan atau di-PHK di masa pandemi. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dilansir National Center for Biotechnology Information (NCBI), Sebuah jurnal The Paper by Lin and Colleagues melaporkan, tingkat insomnia di China meningkat sebanyak 20% selama pandemi. Disusul stres akut selama 15,8%, kecemasan sebanyak 18,5% dan depresi sebanyak 24,5%. 

Sebuah studi dari Amerika lainnya mengungkapkan bahwa orang-orang lebih banyak menghabiskan tidur di siang hari ketimbang malam hari. Kebanyakan orang memundurkan waktu tidur dan bangun mereka selama 39-64 menit. Akibatnya tidur pun terganggu. Lalu bagaimana cara mengatasi Coronasomnia dan mendapatkan kualitas tidur yang baik? Berikut tipsnya.

1. Hindari tidur siang terlalu lama. Tidur siang singkat 20-30 menit dapat menyegarkan dan memberi energi, tetapi jika terlalu lama dapat menyebabkan gangguan tidur di waktu malam.

2. Pastikan mendapatkan sinar matahari cukup denga berjemur atau paling tidak keluar dekat jendela untuk mendapatkan cahaya matahari. Sinar matahari dapat mengatur ritme tidur menjadi teratur.

3 . Jadikan kamar lebih gelap, tenang dan sejuk. Tentu suasana kamar yang baik dapat berdampak pada kualitas tidur yang baik juga. 

4. Jangan lupa juga bersihkan kamar sebelum beristirahat, terutama kerta kerja dan komputer agar tidak stres. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemimpin Pesantren Waria Shinta Ratri Dimakamkan di Pemakaman Keluarga

Jogja
| Rabu, 01 Februari 2023, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Hilal Terlihat, Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 23 Maret 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement