Agar Masa Tua Lebih Sehat, Hindari 5 Kebiasaan Berikut Ini Saat Muda

Ilustrasi - Dailyedge
01 November 2021 21:17 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Semua orang tentu akan mengalami penuaan, dan kita semua tahu bahwa penuaan tidak bisa dihindari. Namun, sangat mungkin untuk melakukannya dengan baik.
 
Saat penuaan itu tiba, tujuannya tidak hanya untuk hidup lebih lama, tetapi untuk memperpanjang tahun hidup sehat Anda. Meskipun ada komponen genetik untuk penuaan, cara hidup Anda juga penting.
 
Dr. Stephen Anton dari Institute on Aging di Department of Aging & Geriatric Research di University of Florida Health mengatakan bahwa ada kebiasaan tertentu yang dapat memperpendek umur kita.
 
Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan ini, mungkin dapat membantu Anda hidup lebih lama dan lebih baik, melansir Live Strong, Senin (1/11/2021).

1. Banyak duduk

Terlalu banyak duduk atau gaya hidup sedentari dapat memicu sejumlah penyakit. Memutus kebiasaan banyak duduk dan gaya hidup sedentari dengan aktivitas adalah ide yang bagus untuk mencegah sejumlah penyakit. Oleh karena itu, berdirilah atau berjalan-jalan selama beberapa menit setiap jamnya.
 
“Faktor terpenting dalam menua dengan baik adalah olahraga,” kata Carolyn Kaloostian, MD, MPH, spesialis kedokteran geriatri dengan Keck Medicine dari USC di Los Angeles.
 
Dia menambahkan, jalan kaki yang teratur adalah yang Anda butuhkan. Ini juga membantu menjaga ketahanan, dan ketahanan inilah yang membuat kita tidak cepat menua.

2. Makan di luar terlalu sering

Makan terlalu banyak natrium dapat memicu penyakit kronis, dan sekitar seperempatnya berasal dari makanan restoran, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).
 
Kaloostian menyarankan, mengurangi kandungan natrium dalam makanan adalah kuncinya. Ini terutama berlaku untuk mencegah penyakit kronis seperti hipertensi dan penyakit jantung.
 
Dia merekomendasikan membuat lebih banyak makanan Anda di rumah untuk menghindari natrium tersembunyi yang dikemas ke dalam restoran dan makanan dibawa pulang.

3. Kurang makan sayuran

Sudah menjadi rahasia umum bahwa melewatkan sayuran dapat merugikan kesehatan Anda. Fondasi kesehatan Anda adalah makanan yang Anda makan.
 
Pola makan nabati yang kaya akan sayuran menyediakan serat yang cukup: nutrisi yang menyehatkan jantung, pengatur insulin, anti kanker dan vitamin, mineral, dan fitonutrien pelindung anti-inflamasi.
 
Dan jika Anda mengonsumsi sayuran, Anda juga tidak mengonsumsi jenis makanan olahan yang tinggi gula, garam, dan lemak yang memicu peradangan penyebab penyakit.

4. Begadang dan makan terlambat

Sebenarnya, setiap orang membutuhkan jumlah tidur yang berbeda, tetapi rekomendasi umumnya adalah tidur setidaknya tujuh jam setiap malam. Tidur memulihkan pikiran dan tubuh Anda dengan memungkinkan sel untuk memperbaiki dan meremajakan.
 
Selain itu, hindari makan makanan berkalori tinggi, tinggi lemak dan tinggi gula atau minum banyak alkohol terlalu dekat dengan waktu tidur. Perilaku tersebut mengganggu tidur dan mengganggu kemampuan tubuh untuk menjalani proses kontrol kualitas seluler yang penting.

5. Minum banyak alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan memiliki dampak signifikan pada penuaan dengan baik. Ini berdampak pada nutrisi dengan kekurangan tiamin (vitamin B1) dan nutrisi lain untuk kesehatan otak dan jantung.
 
“Terlebih lagi, alkohol yang berlebihan juga memandikan hati dan sumsum tulang Anda dengan racun yang merusak organ dan sistem kekebalan Anda,” kata Kaloostian.
 
Jika Anda masih ingin minum, untuk pria disarankan membatasi diri untuk minum dua gelas per hari dan wanita disarankan untuk tidak lebih dari satu gelas per harinya. 

Sumber : Bisnis.com