Advertisement

Tanda-tanda Kanker Paru-Paru di Jari Hingga Bahu

Mia Chitra Dinisari
Senin, 01 November 2021 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Tanda-tanda Kanker Paru-Paru di Jari Hingga Bahu Ilustrasi kanker paru - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kanker paru-paru sering terjadi seiring bertambahnya usia. Sekitar 45 dari 100 orang yang didiagnosis menderita kanker paru-paru di Inggris berusia 75 tahun ke atas.

NHS menyebut biasanya tidak ada tanda atau gejala pada tahap awal, meskipun gejala kanker paru-paru berkembang seiring perkembangan kondisi.

Advertisement

Sel kanker dapat menyebar ke paru-paru dari bagian tubuh lainnya. Ini disebut kanker paru-paru metastatik. Tidak ada program skrining nasional untuk kanker paru-paru di Inggris. Dokter Anda mungkin melakukan tes darah rutin dan menemukan bahwa Anda memiliki jumlah trombosit yang meningkat, karena ini mungkin merupakan tanda kanker paru-paru.

Cancer Research UK mengatakan menemukan kanker paru-paru lebih awal dapat berarti lebih mudah untuk diobati, jadi jika Anda melihat ada perubahan, periksakan ke dokter Anda sesegera mungkin.

NHS telah menguraikan beberapa gejala kanker paru-paru yang kurang umum, yang mungkin tidak disadari oleh sebagian orang.

Ini sebenarnya termasuk perubahan tampilan jari Anda, seperti menjadi lebih melengkung atau ujungnya menjadi lebih besar. Ini dikenal sebagai jari clubbing.

Beberapa orang mungkin juga mengalami pembengkakan pada wajah atau leher mereka, atau nyeri dada atau bahu yang terus-menerus.

Sekitar 45 dari 100 orang yang didiagnosis menderita kanker paru-paru di Inggris berusia 75 tahun ke atas.

Cancer Research mengatakan bahwa gejala kanker paru-paru yang paling umum adalah batuk yang sering terjadi, batuk yang berubah-ubah sejak lama, dan infeksi dada yang terus datang kembali atau infeksi dada yang tidak kunjung sembuh. lebih baik.

Badan amal itu menambahkan bahwa kehilangan nafsu makan, merasa lelah sepanjang waktu, dan kehilangan berat badan adalah tanda-tandanya.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker paru-paru.

Merokok tembakau adalah penyebab terbesar kanker paru-paru di Inggris. Cancer Research mengatakan tujuh dari 10 kanker paru-paru disebabkan oleh merokok.

NHS mengatakan Jika Anda merokok lebih dari 25 batang sehari, Anda 25 kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru daripada non-perokok.

Jika Anda tidak merokok, sering terpapar asap rokok orang lain dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru.

Risiko kanker paru-paru Anda lebih tinggi jika Anda memiliki kerabat dekat (seperti orang tua atau saudara kandung) yang pernah menderita kanker paru-paru.

Paparan bahan kimia dan zat tertentu yang digunakan dalam beberapa pekerjaan dan industri dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru.

Penyakit paru-paru sebelumnya dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Risiko ini biasanya lebih tinggi pada perokok.

Setelah tes selesai, dokter seharusnya dapat mengetahui stadium kanker Anda, apa artinya ini bagi perawatan Anda dan apakah mungkin untuk menyembuhkan kanker sepenuhnya.

Cancer Research mengatakan bahwa gejala paling umum dari kanker paru-paru adalah sering batuk.

NHS mengatakan penelitian juga menunjukkan bahwa terpapar asap diesel selama bertahun-tahun meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru.

"Satu penelitian telah menunjukkan risiko Anda terkena kanker paru-paru meningkat sekitar 33 persen jika Anda tinggal di daerah dengan tingkat gas nitrogen oksida yang tinggi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Dampingi Pengusaha Muda, Inkonsistensi Menjadi Kendala

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Jokowi dan Gibran Bukan Bagian dari PDIP, Komarudin Watubun: Orang Sudah di Sebelah Sana

News
| Selasa, 23 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement