Simak! Tips Menjaga Hubungan Saat Mengalami Masa Sulit

Ilustrasi - Psychologytoday
03 November 2021 05:27 WIB Novita Sari Simamora Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Saat menjalin hubungan percintaan, maka perkelahian dan perbedaan pendapat pasti bisa saja terjadi. Ini menjadi masa-masa sulit, maka setiap orang harus belajar memahami emosi pasangannya.

Perbedaan pendapat bisa saja menimbulkan perbedaan pemahaman. Namun, apa yang harus dilakukan saat sedang menghadapi perbedaan pendapat dengan pasangan?

Mengutip dari Pink Villa, Selasa (2/11/2021), belajarlah memahami sisi lain pasangan. Simak tips menjalin hubungan asmara saat kondisi sedang tidak baik-baik saja:

1. Jadilah pendengar yang baik

Belajarlah bersabar. Pakailah telinga dengan baik. Dengarkan setiap kalimat-kalimat yang disampaikan oleh pasangan. Tetaplah tenang, jangan berteriak bahkan jika mereka mengatakan sesuatu yang salah.

Biarkan pasanganmu mencurahkan isi hatinya. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda harus bertindak seperti boneka. Berikanlah nasehati, bila perlu dan lakukan dengan berhati-hati, agar tidak melukai hati pasangan.

2. Tahan kata-katamu dan belajar memahami

Anda harus sadar bahwa apapun yang Anda katakan akan meninggalkan dampak yang besar. Jika Anda menjanjikan sesuatu kepada mereka, lakukan dengan cara apa pun. 

Tidak perlu terlalu banyak janji-janji manis yang palsu. Buktikanlah cinta Anda dengan tindakan. Berempati terhadap mereka. Jangan pernah mengatakan apa pun hanya untuk membuat mereka merasa lebih baik.

3. Tunjukkan perhatian dan dukungan, tetapi jangan berlebihan

Sering-seringlah berbagi kabar, tetapi jangan berlebihan. Beri pasanganmu ruang dan waktu untuk sendiri. Tunjukkan bahwa Anda peduli padanya, dan tawarkan bantuan jika diperlukan. Lakukan hal-hal yang mungkin mereka sukai.

Jangan terburu-buru, dan jangan pernah berulang kali meminta atau memaksa pasanganmu untuk memperbaiki mood dan suasana hatinya. Perbaikan bisa dilakukan secara bertahap. Jangan menekan secara psikis. Biarkan semuanya berjalan secara alami. 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia