Coba 5 Cara Ini untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi. - Freepik
03 November 2021 21:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Sejumlah cara ternyata bisa dilakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit berbahaya yang bisa menjadi pembunuh diam-diam atau silent killer.

Pasalnya, hipertensi tidak memiliki gejala tetapi merupakan resiko utama penyakit jantung dan stroke. Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Namun, sebagian besar penyebab hipertensi dikaitkan dengan faktor keturunan atau genetik serta tidak menerapkan pola hidup yang sehat.

Seperti dilansir dari Healthline, Rabu (3/11/2021), tekanan darah Anda tergantung pada seberapa banyak darah yang dipompa oleh jantung Anda dan seberapa besar hambatan yang ada pada aliran darah di arteri Anda.

Semakin sempit arteri Anda, semakin tinggi tekanan darah Anda. Tekanan darah lebih rendah dari 120/80 mm Hg dianggap normal. Tekanan darah 130/80 mm Hg atau lebih dianggap tinggi.

Jika angka Anda di atas normal tetapi di bawah 130/80 mm Hg, Anda termasuk dalam kategori tekanan darah tinggi.

Ini berarti Anda berisiko terkena tekanan darah tinggi. Tetapi, jangan khawatir hipertensi juga dapat diturunkan dengan menerapkan pola hidup sehat tanpa memerlukan obat-obatan.

Berikut 5 cara efektif untuk menurunkan tingkat tekanan darah Anda, simak ulasannya:
1. Perbanyak aktivitas dan berolahraga Dalam sebuah studi tahun 2013, orang dewasa yang lebih tua yang berpartisipasi dalam pelatihan aerobik dapat menurunkan tekanan darah mereka rata-rata 3,9 hingga 4,5 persen.

Hasil ini sama baiknya dengen beberapa obat tekanan darah. Selain itu dengan rutin berolahraga dapat meningkatkan detak jantung dan pernafasan.

Seiring waktu jantung Anda menjadi lebih baik dan lebih kuat dalam memompa darah. Hal tersebut mengurangi tekanan pada arteri dan darah Anda.

2. Kurangi Konsumsi gula dan Karbohidrat Olahan Banyak penelitian menunjukkan bahwa membatasi gula dan karbohidrat olahan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah.

Gula, terutama fruktosa, dapat meningkatkan tekanan darah Anda lebih dari garam, menurut satu ulasan tahun 2014.

Dalam uji coba yang berlangsung setidaknya 8 minggu, gula meningkatkan tekanan darah sebesar 5,6 mm Hg diastolik dan 6,9 mm Hg sistolik. Oleh karena itu perlu diet rendah karbohidrat dan rendah gula agar lebih sehat.
3. Berhenti Merokok Berhenti merokok baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Pasalnya, Merokok menyebabkan peningkatan tekanan darah dan peningkatan detak jantung Anda secara langsung tetapi sementara. Dalam jangka panjang, bahan kimia dalam tembakau dapat meningkatkan tekanan darah Anda dengan merusak dinding pembuluh darah Anda sehingga menyebabkan peradangan, dan mempersempit arteri. Arteri yang mengeras menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Tidur Nyenyak Tekanan darah Anda biasanya turun saat Anda tidur. Jika Anda tidak tidur nyenyak, itu dapat memengaruhi tekanan darah Anda. Orang yang mengalami kurang tidur , terutama yang berusia paruh baya, memiliki peningkatan risiko tekanan darah tinggi.
Studi Kesehatan Jantung Tidur Nasional 2010 menemukan bahwa tidur secara teratur kurang dari 7 jam semalam dan lebih dari 9 jam semalam dikaitkan dengan peningkatan tingkat tekanan darah tinggi.

Teratur tidur kurang dari 5 jam semalam dikaitkan dengan risiko yang signifikan dari tekanan darah tinggi jangka panjang.

5. Makan bawang putih atau minum suplemen ekstrak bawang putih Bawang putih segar atau ekstrak bawang putih keduanya banyak digunakan untuk menurunkan tekanan darah.

Menurut sebuah studi klinis 2009, ekstrak bawang putih mungkin memiliki efek lebih besar untuk menurunkan tekanan darah dibandingkan dengan tablet bubuk bawang putih biasa.

Artikel ini telah tayang di https://lifestyle.okezone.com/ dengan judul "5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi : Okezone Lifestyle"

Sumber : Okezone.com