Begini Cara Mudah Menghilangkan Jerawat untuk Remaja yang Sedang Puber

ilustrasi jerawat pada remaja yang sedang puber - Freepik.com
04 November 2021 22:17 WIB Ithamar Yaomi DC Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA –Salah satu masalah kulit yang sering bikin jengkel kalangan remaja adalah jerawat.

Jerawat di wajah bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Apalagi bagi para remaja. Simak 5 cara mudah menghilangkan jerawat di kulit wajah, khususnya untuk remaja yang sedang puber.

Penyebab munculnya jerawat pada remaja diantaranya fase pubertas dan perubahan hormonal tubuh. Meski demikian, kamu tak perlu khawatir karena jerawat saat puber dapat disembuhkan dengan mengubah gaya hidup, terumasuk perubahan pola makan.

Ahli gizi terkenal asal India Pooja Makhija membagikan tips diet bagi remaja yang ingin menghilangkan jerawat dan mendapatkan kulit yang bersih. Tips tersebut dibagikan melalui akun Instagram resmi miliknya.

“Kulit yang bersih bukan hanya tanda kesehatan dan vitalitas yang baik pada anak remaja Anda, tetapi juga penting untuk membantu setiap orang muda mengembangkan kepercayaan diri dan citra diri yang positif," ujar Pooja Makhija.

Berikut cara mudah menghilangkan jerawat di wajah, khususnya untuk remaja yang sedang puber seperti dikutip dari india.com, Kamis (4/11/2021).

1. Cek Status Vitamin D

Penting bagi kamu untuk terus memeriksa kadar vitamin D di tubuh. Vitamin D mengurangi peradangan, menyeimbangkan hormon dan mengurangi testosteron. Tingkat vitamin D yang rendah dapat menjadi penyebab munculnya jerawat.

2. Hindari Laktosa

Pooja mengatakan mengurangi produk susu dari diet dapat bermanfaat untuk menghentikan munculnya jerawat. Produk susu harus dihindari setidaknya selama empat hingga enam minggu. Setelah itu, kamu dapat melihat perbedaan jerawat di kulit.

3. Asupan Protein

Asupan protein mampu mengurangi jerawat. Protein mengurangi lonjakan insulin sehingga lebih mudah untuk melawan jerawat. Beberapa jenis protein hewani dan nabati yang bisa kamu konsumsi, antara lain dada ayam, ikan-ikanan, serta tahu/tempe.

4. Kurangi Olahan Roti

Produk gula tinggi seperti kue, donat, muffin, dan kue kering harus dikurangi jika ingin kulit wajah bebas jerawat. Semua makanan tersebut meningkatkan insulin dan memperburuk jerawat.

5. Mulai Berolahraga

Olahraga ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi kulit wajah. Pooja mengatakan bahwa olahraga dengan teratur dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

Hal itu dapat menciptakan lebih banyak oksigen yang mengarah pada lebih banyak peremajaan sel dan mengurangi bekas jerawat.

“Selain olahraga, minumlah 2-2,5L air setiap hari. Juga hindari soda dan jus buah karena bisa meningkatkan gula darah yang menyebabkan lebih banyak resistensi insulin," ucap Pooja.

Sumber : Bisnis.com