7 Makanan Tinggi Kalsium yang Bisa Jadi Alternatif Susu

Kacang-kacangan yang tinggi kandungan kalsium - Freepik
08 November 2021 08:17 WIB Indra Gunawan Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menurut ahli gizi Pooja Makhija, tubuh memiliki lebih banyak kalsium dalam tubuh daripada mineral lainnya. Asupan harian yang direkomendasikan (RDI) kalsium adalah 1.000 mg per hari untuk kebanyakan orang dewasa.

Meskipun wanita di atas 50 dan setiap orang di atas 70 harus mendapatkan 1.200 mg per hari, sementara anak-anak berusia 4-18 disarankan untuk mengonsumsi 1.300 mg.

Jika Anda berpikir bahwa kebutuhan ini hanya dapat dipenuhi dengan susu, Anda salah besar. Ada banyak makanan yang kaya akan kalsium.

Simak 7 jenis makanan yang tinggi kandungan kalsium dan menjadi alternatif susu seperti dilansir dari Times of India, Minggu (7/11/2021). Mulailah menambahkannya ke dalam menu makan harian Anda.

1. Kacang Merah

100 gram kacang merah mentah mengandung 140 mg kalsium, yang dianggap baik untuk tubuh manusia. Disarankan untuk merebusnya sebelum dikonsumsi untuk mengurangi tekanan pada sistem pencernaan dan membuatnya mudah dicerna.

2. Kacang Almond

Sesuai standar gizi, 100 gram almond mengandung 60 mg kalsium dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk perkembangan tubuh.

3. Buah Ara

Menurut Pooja, 8 buah ara mengandung 241 mg kandungan kalsium dan jika dikonsumsi secara teratur, membantu menjaga kesehatan tulang.

4. Tahu

100 gram tahu mengandung 680 mg kalsium dan cara terbaik untuk mengkonsumsi tahu adalah dengan menggorengnya atau memakannya mentah. Namun, memasak tahu terlalu lama mengurangi nilai gizinya dan oleh karena itu disarankan untuk menghindari praktik memasak yang berlebihan.

5. Biji Bunga Matahari

Satu cangkir biji bunga matahari mengandung 109 mg kalsium dan biji ini juga kaya akan magnesium, yang membantu menyeimbangkan efek kalsium.

6. Biji Wijen

Disarankan untuk makan 1 sendok makan biji wijen setiap hari, karena menambahkan 88 mg kalsium untuk kebutuhan nutrisi harian Anda.

7. Brokoli

Satu cangkir brokoli mengandung 87 mg kalsium dan asupan brokoli secara teratur membantu mencegah kanker kandung kemih, payudara, usus besar, hati, dan perut.

Sumber : JIBI/Bisnis.com